Dubes Daniel Simanjuntak (kiri) memberikan surat kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon di Ottawa, 27 April 2022. (Kemenlu RI)
Dubes Daniel Simanjuntak (kiri) memberikan surat kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon di Ottawa, 27 April 2022. (Kemenlu RI)

Resmi Bertugas di Kanada, Dubes Daniel Simanjuntak Dorong Kerja Sama Ekonomi

Internasional indonesia-kanada kanada
Willy Haryono • 30 April 2022 08:27
Ottawa: Duta Besar Daniel Simanjuntak menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Jenderal Kanada, Mary Simon pada 27 April. Penyerahan surat kepercayaan merupakan momentum penting seorang dubes sebagai wakil negara karena merupakan refleksi simbolis pengakuannya oleh negara penerima.
 
"Indonesia dan Kanada memiliki lebih banyak persamaan daripada perbedaan. Keduanya adalah negara maritim besar, sehingga Indonesia dan Kanada perlu terus menjalin kerja sama yang lebih kuat dan lebih strategis di masa depan," ujar Dubes Daniel di beranda Rideau Hall, rumah kediaman Gubernur Jenderal Kanada, berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Jumat, 29 April 2022.
 
Ditambahkan, Dubes Daniel akan melanjutkan upaya mendorong kerja sama bilateral Indonesia-Kanada dalam berbagai sektor, antara lain dalam kerangka teknologi mobilitas ramah lingkungan, energi terbarukan dan penanganan dampak perubahan iklim. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dubes Daniel juga menyampaikan bahwa dalam kesempatan pembicaraan empat mata seusai upacara penyerahan surat kepercayaan, Gubernur Jenderal Simon menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam G20 dan mengharapkan hal tersebut dapat digunakan untuk mendorong peningkatan kerja sama Indonesia dengan Kanada.
 
Gubernur Jenderal juga menyampaikan optimisme beliau mengenai rencana kemitraan ekonomi Indonesia-Kanada dalam kerangka ICA-CEPA. Dengan adanya ICA-CEPA, Kanada diharapkan akan semakin memiliki jejak di kawasan Asia Tenggara.
 
Menindaklanjuti pembicaraan dengan Gubernur Jenderal, sejumlah program dan kegiatan KBRI Ottawa yang telah ada sebelumnya akan terus dilanjutkan dan ditingkatkan. Menyatakan bahwa keberlanjutan rencana program sebagai hal krusial, Dubes Daniel menyampaikan mengenai beberapa isu yang sudah masuk dalam agenda beliau.
 
Isu-isu ttersebut di antaranya pengembangan kerja sama dengan beberapa lembaga dana pensiun Kanada, pemajuan negosiasi CEPA, melanjutkan upaya penjajakan dengan sejumlah perusahaan barang tambang dan komoditas strategis Kanada, pemanfaatan jejaring diaspora dan pertemuan dengan sejumlah anggota parlemen Kanada.
 
"Penyerahan surat kredensial ini adalah bekal kuat bagi saya untuk mendorong berbagai upaya kerja sama konkret antara Indonesia dan Kanada, terutama di sektor bisnis," ungkap Dubes Daniel.
 
Ia menambahkan, berbagai kerja sama tersebut diharapkan membantu Indonesia dalam rangka pemulihan krisis pascapandemi. "Kalau ini diibaratkan balapan di sirkuit Mandalika, bensin sudah diisi penuh, sekarang saatnya gaspol untuk melaju ke depan," pungkas Dubes Daniel.
 
Baca:  Hadiah HUT ke-76 RI, Indonesia-Kanada Sepakati Negosiasi ICA-CEPA
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif