Paus Fransiskus (kanan) memberikan topi merah kepada satu dari 20 kardinal baru di Basilika Santo Petrus, Vatikan, 27 Agustus 2022. (Alberto PIZZOLI / AFP)
Paus Fransiskus (kanan) memberikan topi merah kepada satu dari 20 kardinal baru di Basilika Santo Petrus, Vatikan, 27 Agustus 2022. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Paus Fransiskus Tunjuk 20 Kardinal Baru

Willy Haryono • 28 Agustus 2022 10:01
Vatikan: Paus Fransiskus menunjuk 20 Kardinal Katolik Roma baru dalam sebuah seremoni di Basilika Santo Petrus di Vatikan pada Sabtu, 27 Agustus 2022. Pria 85 tahun itu memberikan topi kotak berwarna merah dan cincin sebagai tanda peresmian.
 
Selama seremoni, Paus Fransiskus yang bernama Jose Maria Bergoglio mengatakan kepada jajaran kardinal baru untuk memperlihatkan kepedulian terhadap masyarakat biasa, terlepas dari posisi tinggi mereka di Vatikan.
 
"Seorang kardinal mencintai Gereja dan memiliki semangat spiritual, baik saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan besar maupun ketika menghadapi masalah sehari-hari," tutur Paus Fransiskus, dikutip dari DW.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan kedelapan kalinya Paus Fransiskus menunjuk sekelompok kardinal baru, yang akan menjadi jajaran penasihat paling senior di Vatikan dan seluruh dunia. 
 
Sebanyak 16 dari 20 kardinal baru di Vatikan berusia di bawah 80 tahun, yang artinya mereka memenuhi syarat untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan paus baru di masa mendatang.
 
Sebelumnya, Paus Fransiskus mengisyaratkan mundur dari pemimpin Vatikan jika kesehatannya terus menurun. Namun dalam wawancara terbaru dengan Reuters, ia mengatakan belum akan mundur dalam waktu dekat.
 
Pendahulu Paus Fransiskus, Paus Benediktus XVI atau Joseph Ratzinger, mengungkapkan wacana bahwa seorang paus sebaiknya mengundurkan diri sebelum meninggal dunia. Ia menjadi paus pertama dalam hampir enam abad terakhir yang meninggalkan posisinya saat masih hidup.
 
Mengikuti semangat Paus Benediktus XVI, Paus Fransiskus pernah mengungkapkan wacana memperbanyak proporsi individu yang tidak terlalu tua sebagai jajaran pemimpin Vatikan.
 
Hampir seluruh kawasan di dunia terwakilkan dari penunjukan kardinal baru di Vatikan, kecuali dari Oceania (dan juga Antarktika).
 
Kardinal baru berasal dari Inggris, Korea Selatan, Spanyol, Prancis, Nigeria, Brasil, India, Amerika Serikat, Timor Leste, Italia, Ghana, Singapura, Paraguay dan Kolombia.
 
Baca:  Fransiskus Adakan Misa di Kuil Katolik Tertua Amerika Utara
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif