Ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (AFP)

Gempa Bumi Magnitudo 5,5 di Yunani Picu Kekhawatiran Tsunami

Willy Haryono • 21 November 2022 10:29
Kreta: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 di Yunani memicu kekhawatiran tsunami, dan ribuan orang pun diminta segera menjauhi area pesisir ke daerah yang lebih tinggi.
 
Guncangan diketahui melanda pulau Kreta, Yunani pada Senin pagi, 21 November 2022. Kuatnya gempa telah memicu kekhawatiran akan adanya gelombang tsunami, sehingga mendorong badan-badan pemantau untuk mengeluarkan peringatan evakuasi kepada masyarakat pesisir.
 
Menurut keterangan Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) dan dilansir dari India Today, episentrum gempa berlokasi sekitar 60 kilometer dari timur laut Siteia, Yunani pada Senin pukul 01.25 dini hari waktu setempat. Sementara kedalaman gempa mencapai 80 km.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pesan peringatan yang diunggah EMSC ke Twitter menyarankan masyarakat pesisir untuk segera "menjauh dari pantai dan mencapai tempat yang lebih tinggi." EMSC juga membagikan beberapa tips keselamatan di Twitter.
 
Namun sejauh ini, belum ada pernyataan resmi seputar gempa dari otoritas Yunani.
 
Kekuatan gempa yang cukup besar dilaporkan dirasakan hingga ke Afrika Utara. Tidak ada cedera atau kerusakan bangunan yang dilaporkan di area-area terdampak.
 
Laporan lokal mengatakan, sistem telepon seluler di Kreta untuk sementara kelebihan beban akibat lonjakan penggunaan jaringan setelah gempa.
 
Baca:  Yunani Diguncang Gempa Berkekuatan 6,2 Magnitudo
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif