Ilustrasi DK PBB./AFP
Ilustrasi DK PBB./AFP

Satu Suara, DK PBB Kutuk Pembunuhan Jurnalis Palestina

Internasional Palestina Israel DK PBB Shireen Abu Akleh
Marcheilla Ariesta • 14 Mei 2022 17:12
New York: Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengutuk pembunuhan jurnalis Al Jazeera berkewarganegaraan Palestina, Shireen Abu Akleh. Abu Akleh tewas saat meliput serangan tentara Israel di Tepi Barat.
 
"Dewan Keamanan juga menyerukan penyelidikan segera, menyeluruh, transparan dan tidak memihak atas pembunuhannya," kata DK PBB dalam pernyataannya, dilansir dari AFP, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Menurut diplomat yang berbicara dengan syarat anonim, negosiasi teks sangat sulit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiongkok dilaporkan berhasil mendorong Amerika Serikat untuk menghapus sebuah paragraf dalam pernyataan tersebut. Isi paragraf itu, yakni mencela pelanggaran yang dilakukan terhadap media di seluruh dunia, membela kebebasan mereka dan mendesak perlindungan mereka saat meliput operasi militer.
 
Di akhir pernyataan, disebukan, "Wartawan harus dilindungi sebagai warga sipil". Tidak ada kecaman terkait dengan kekerasan selama pemakaman Abu Akleh pada Jumat kemarin.
 
Baca juga: AS 'Terganggu' dengan Serangan Israel saat Pemakaman Jurnalis Palestina
 
Dalam tayangan di televisi, para pengusung jenazah berjuang untuk tidak menjatuhkan peti mati Shireen ke tanah, saat pasukan Israel yang memegang tongkat menyerang mereka dan mengambil bendera Palestina dari pelayat.
 
Shireen Abu Akleh adalah seorang jurnalis veteran untuk Al Jazeera, terbunuh saat dia meliput kerusuhan di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki.
 
Jaringan yang berbasis di Qatar menuduh bahwa dia sengaja menjadi sasaran Israel.
 
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett awalnya mengatakan bahwa orang-orang Palestina bersenjata 'kemungkinan' bertanggung jawab. Namun, Israel sejak itu menarik kembali tuduhan itu dan mengatakan sedang menyelidiki.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif