Mikhail Gorbachev saat bertemu Paus Yohanes Paulus II. Foto: AFP
Mikhail Gorbachev saat bertemu Paus Yohanes Paulus II. Foto: AFP

Paus Fransiskus Puji Kepemimpinan Mendiang Mikhail Gorbachev

Medcom • 01 September 2022 19:04
Vatikan: Paus Fransiskus memuji kepemimpinan mendiang Mikhail Gorbachev pada Rabu, 31 Agustus 2022. Gorbachev adalah Presiden terakhir Uni Soviet yang mempunyai pandangan jauh dengan memiliki komitmen untuk meningkatkan relasi dengan negara-negara lainnya.
 
Fransiskus mengirimkan pesan kepada anak perempuan Gorbachev, Irina yang mengatakan bahwa Gorbachev merasa dekat secara spiritual saat momen-momen kematiannya. Fransiskus juga mengatakan bahwa ayah dari Irina adalah seorang negarawan yang terhormat.
 
“Saya bersyukur dengan komitmen jangka panjangnya untuk mencapai kerukunan dan persaudaraan di antara masyarakat serta membuat perkembangan di dalam negaranya sendiri di waktu terpenting untuk melakukan perubahan,” ujar Paus Fransiskus dalam pernyataan dikeluarkan oleh Vatikan, di laman Channel News Asia pada Kamis,1 September 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gorbachev, yang meninggal pada Selasa 30 Agustus 2022, di usianya yang ke 91 tahun, mengunjungi Vatikan di Desember 1989 untuk melakukan pertemuan bersejarah dengan Paus Yohanes Paulus II.
 
Pertemuan antara Paus dan pemimpin Soviet, adalah yang pertama setelah tahun yang panjang dan banyak kericuhan karena keruntuhan Tembok Berlin. Ini termasuknya pecahnya negara di Eropa Timur, termasuk Polandia yang akhirnya mulai menjauhkan diri dari genggaman Moskow.
 
Hampir semua negara yang tadinya termasuk ke dalam Uni Soviet, termasuk Rusia, saat ini sudah mempunyai hubungan diplomatik dengan negara Vatikan. Sama seperti negara-negara di Eropa Timur yang tadinya termasuk ke dalam Pakta Warsawa. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif