Foto udara memperlihatkan salah satu venue untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Tiongkok, 3 Januari 2022. (GREG BAKER / AFP)
Foto udara memperlihatkan salah satu venue untuk Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Tiongkok, 3 Januari 2022. (GREG BAKER / AFP)

WHO Sebut Kesiapan Tiongkok untuk Olimpiade Beijing 2022 Terlihat Kuat

Internasional Tiongkok WHO covid-19 pandemi covid-19 Olimpiade Beijing 2022
Willy Haryono • 10 Januari 2022 08:07
Jenewa: Kesiapan dan rencana-rencana Tiongkok untuk memastikan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 berlangsung aman di tengah pandemi Covid-19 terlihat kuat, ucap seorang pakar senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Menurut surat kabar Lianhe Zaobao, Direktur Urusan Darurat WHO Michael Ryan telah mengungkapkan hal tersebut pada Kamis kemarin. Ia mengatakan WHO terus berkoordinasi dengan Komite Olimpiade Internasional dalam menyuguhkan saran teknis terkait keamanan dan keselamatan semua pihak selama olimpiade berlangsung.
 
"Otoritas Tiongkok memberlakukan aturan yang sangat ketat. Mereka juga telah merilis serangkaian buku panduan," kata Ryan, dilansir dari Xinhua, Senin, 10 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika melihat dari informasi terkini, aturan-aturan yang diberlakukan (untuk Olimpiade Beijing 2022) sangat ketat dan sangat kuat.  Kami tidak melihat adanya risiko tinggi penularan penyakit dalam konteks tersebut," sambungnya.
 
Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dijadwalkan berlangsung pada 4 Februari mendatang.
 
Salah satu aturan ketat Tiongkok untuk olimpiade tahun ini adalah sistem 'gelembung' atau bubble. Istilah 'gelembung' merujuk pada area khusus untuk pertandingan tertentu. Orang-orang yang ada di dalam 'gelembung' merupakan kelompok spesifik untuk satu cabang olahraga spesifik.
 
Mulai Selasa pekan lalu, ribuan staf, sukarelawan, petugas kebersihan, juru masak, dan pengemudi pelatih terkait Olimpiade akan dikurung di dalam 'gelembung' mereka masing-masing selama berpekan-pekan. Mereka semua terputus dari dunia luar.
 
Kebijakan Tiongkok kontras dengan Olimpiade Musim Panas Tokyo. Dalam olimpiade di Negeri Sakura, orang-orang masih mungkin untuk melakukan pergerakan keluar masuk dari satu area ke area lain.
 
Media global dan sekitar 3.000 atlet diperkirakan mulai tiba di ibu kota Tiongkok dalam beberapa pekan ke depan. Delegasi akan tetap berada di dalam 'gelembung' dari saat mereka mendarat sampai meninggalkan Tiongkok.
 
Siapa pun yang memasuki 'gelembung' harus sudah divaksinasi penuh atau wajib menjalani karantina 21 hari ketika tiba di Negeri Tirai Bambu. Semua orang di dalam 'gelembung' akan menjalani tes Covid-19 setiap hari dan harus selalu memakai masker.
 
Baca:  Tiongkok Tutup 'Gelembung Pertandingan' Jelang Olimpiade Musim Dingin
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif