Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan tokoh sayap kanan Marine Le Pen dalam acara debat pemilu 2022. (AFP / Ludovic MARIN)
Presiden Prancis Emmanuel Macron (kiri) dan tokoh sayap kanan Marine Le Pen dalam acara debat pemilu 2022. (AFP / Ludovic MARIN)

Prancis Bersiap untuk Pertarungan Sengit Macron dan Le Pen

Internasional prancis pemilu prancis politik prancis Emmanuel Macron Marine Le Pen
Willy Haryono • 23 April 2022 12:24
Washington: Warga Prancis bersiap untuk memilih antara presiden petahana Emmanuel Macron dan penantang sayap kanan Marine Le Pen dalam pemilihan umum nasional pada Minggu besok. Ini merupakan pertarungan kedua antar Macron dan Le Pen yang berseberangan dalam berbagai isu.
 
Dikutip dari AFP, Sabtu, 23 April 2022, Macron masih menjadi tokoh favorit untuk terpilih kembali dalam pemilu Prancis putaran kedua esok hari.
 
Terdapat beberapa indikasi keunggulannya menguat lewat performa ofensif dalam acara debat dengan Marine Le Pen yang cenderung defensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun Macron dan para sekutunya berkukuh bahwa belum ada yang pasti dalam pemilu kali ini. Tingkat partisipasi yang tinggi dibutuhkan untuk menghindari kejutan di Prancis, seperti kejutan Brexit di Inggris pada 2016 dan terpilihnya Donald Trump di tahun yang sama.
 
Kemenangan Le Pen akan mengirim gelombang kejutan di seantero Eropa. Jajaran pemimpin sayap kiri, termasuk Kanselir Jerman Olaf Scholz, telah menyerukan kepada masyarakat Prancis untuk memilih Macron ketimbang Le Pen.
 
Pertaruhan dalam pemilu Prancis 2022 cukup tinggi. Jika menang, Le Pen akan menjadi pemimpin sayap kanan dan perempuan pertama yang menjadi presiden di Prancis. Sementara jika Macron menang, ia akan menjadi tokoh pertama di Prancis yang berhasil melaju ke periode kedua dalam dua dekade terakhir.
 
Tempat pemungutan suara akan dibuat di seantero Prancis pada hari Minggu pukul 0600 GMT dan ditutup 12 jam setelahnya. Setelah itu, akan ada proyeksi perolehan suara yang selama ini hasilnya hampir selalu akurat.
 
Jika menang dalam pemilu besok, Macron dijadwalkan menyapa para pendukungnya di Champ de Mars di wilayah pusat Paris, tepat di bawah kaki Menara Eiffel.
 
Warga Prancis yang berada di luar negeri akan menggunakan hak suara mereka lebih cepat, dimulai dengan yang ada di North America dan Karibia pada Sabtu ini, kemudian di wilayah Pasifik dan Samudra Hindia.
 
Baca:  Macron Tuduh Capres Sayap Kanan Prancis sebagai Kaki Tangan Putin
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif