Joe Biden menyapa orang-orang usai dilantik menjadi presiden ke-46 AS di area Gedung Capitol di Washington DC pada Rabu, 20 Januari 2021. (TASOS KATOPODIS/Getty/AFP)
Joe Biden menyapa orang-orang usai dilantik menjadi presiden ke-46 AS di area Gedung Capitol di Washington DC pada Rabu, 20 Januari 2021. (TASOS KATOPODIS/Getty/AFP)

Biden Sebut Kepemimpinan AS akan Jadi Contoh Positif bagi Dunia

Internasional amerika serikat joe biden donald trump Pelantikan Joe Biden
Willy Haryono • 21 Januari 2021 01:40
Washington: Presiden ke-46 Amerika Serikat Joe Biden berjanji akan bekerja keras dalam memperbaiki citra AS di mata global. Menurutnya, AS harus bisa menjadi contoh yang baik bagi banyak negara di dunia.
 
"Kami akan memimpin dengan tidak memperlihatkan contoh-contoh dari kekuatan kami, tapi dari kekuatan contoh-contoh kami," tutur Biden dalam pidato pelantikannya di area Gedung Capitol di Washington DC pada Rabu, 20 Januari 2021.
 
Biden juga berjanji akan memperbaiki hubungan AS dengan beberapa aliansi yang ada di dunia. Berbeda dari pendahulunya, Donald Trump, Biden akan mengedepankan multilateralisme ketimbang kebijakan "America First."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbaikan aliansi ini ditujukan untuk menghadapi tantangan-tantangan saat ini dan masa mendatang.
 
Mengenai tantangan, Biden menyebut pandemi virus korona (covid-19) sebagai salah satu yang memukul hebat kehidupan masyarakat AS. Menurutnya, pandemi covid-19 saat ini adalah sebuah "masa cobaan."
 
"Kita semua akan diuji, bagaimana kita menyelesaikan krisis-krisis yang ada di era kita ini. Apakah kita akan bangkit? Akankah kita dapat menguasai situasi yang sulit seperti saat ini," lanjutnya.
 
Selain mengenai kepemimpinan global, Biden juga telah menyampaikan berbagai hal dalam pidato pelantikannya. Di awal pidato, Biden menyuarakan kemenangan demokrasi dan pentingnya persatuan dalam mengatasi perpecahan mendalam di tengah masyarakat AS.
 
Biden juga sempat menyinggung mengenai kerusuhan di Gedung Capitol pada 6 Januari lalu, yang dilakukan sekelompok massa pendukung Trump. Menurutnya, kerusuhan tersebut telah merusak nilai-nilai demokrasi.
 
Dalam pidatonya, Biden juga mengucapkan terima kasih kepada para pendahulunya, namun tidak menyebutkan nama Trump. Trump tidak hadir dalam pelantikan dan memilih pergi ke resor pribadinya di Florida.
 
Baca:  Puji Pendahulu, Biden Tidak Sebut Nama Trump
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif