Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, Dr Mike Ryan. (AFP)
Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, Dr Mike Ryan. (AFP)

WHO: 1 dari 10 Orang di Dunia Mungkin Terinfeksi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 06 Oktober 2020 06:51
Jenewa: Satu dari 10 orang di dunia mungkin telah terinfeksi virus korona (covid-19), ucap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah pertemuan khusus di Jenewa. Estimasi ini mengindikasikan bahwa "mayoritas masyarakat global masih berisiko (terjangkit covid-19)."
 
Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 35 juta orang di dunia, sejak pertama kali terdeteksi di Tiongkok pada akhir Desember 2019. Estimasi WHO mengindikasikan angka sesungguhnya dari infeksi covid-19 di kancah global mendekati 800 juta.
 
Sejumlah pakar sejak lama mengatakan bahwa angka sesungguhnya dari total kasus global covid-19 akan jauh lebih besar dari data terkonfirmasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WHO menggelar rapat khusus saat pandemi covid-19 memasuki bulan kesepuluh dan belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Sejumlah negara justru dilanda gelombang kedua infeksi usai otoritas terkait membuka kembali perekonomian yang babak belur dihantam covid-19.
 
Estimasi 1 dari 10 orang disampaikan Mike Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO. "Penyebaran covid-19 beragam tergantung (kinerja) negaranya. Hal ini juga beragam di wilayah urban atau pedesaan, dan beragam antar kelompok-kelompok berbeda di tengah masyarakat," sebut Ryan.
 
"Tapi mayoritas masyarakat global masih tetap berisiko (terjangkit covid-19). Kita semua tahu pandemi akan terus berevolusi, tapi kita juga tahu kita memiliki alat untuk meredam transmisi dan menyelamatkan nyawa," sambungnya, dikutip dari BBC pada Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Menyerukan solidaritas dan kepemimpinan kuat dari semua negara, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan adanya perbedaan jumlah kasus yang cukup signifikan antar negara.
 
"Meski semua negara terimbas virus ini, kita harus mengingat ini adalah pandemi yang tidak merata. Ada tiga negara yang jumlah kasusnya separuh (dari total infeksi global)," ujarnya.
 
Menurut data Johns Hopkins University (JHU), lebih dari 1 juta orang di kancah global telah meninggal akibat covid-19. Amerika Serikat, India, dan Brasil adalah tiga negara dengan jumlah kasus covid-19 tertinggi di dunia.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif