Ilustrasi ledakan (Medcom.id)
Ilustrasi ledakan (Medcom.id)

Ledakan Guncang Menara Radio di Wilayah Transnistria yang Didukung Rusia

Internasional rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Willy Haryono • 26 April 2022 17:02
Chistinau; Kementerian Dalam Negeri Transnistria, sebuah wilayah separatis yang didukung Rusia di Moldova, mengatakan bahwa dua ledakan mengguncang sebuah pusat radio di dekat perbatasan Ukraina pada Selasa, 26 April 2022.
 
"Pada 26 April pagi, dua ledakan terdengar di desa Mayak di distrik Grigoriopolsky," kata pihak kementerian, dikutip dari Channel News Asia.
 
Disebutkan bahwa ledakan pada pukul 06.40 dan 07.05 itu terjadi di sebuah pusat radio "Mayak," berkisar 50 kilometer dari ibu kota Tiraspol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak kementerian mengatakan bahwa dua antena yang selama ini menyiarkan ulang radio Rusia telah rusak akibat ledakan tersebut. Kementerian membagikan beberapa foto yang memperlihatkan serpihan antena di tanah.
 
"Tidak ada korban luka dalam kejadian ini," lanjut pihak kementerian.
 
Senin kemarin, otoritas Transnistria mengatakan bahwa kantor kementerian keamanan di Tiraspol terkena semacam hantaman yang diduga berasal dari serangan granat. Belum diketahui apakah serangan tersebut dan ledakan hari ini saling berkaitan.
 
Transnistria adalah wilayah pecahan yang didukung Moskow namun belum mendapat pengakuan internasional. Wilayah tersebut berada dekat perbatasan barat Ukraina. Rusia masih memiliki pangkalan militer di sana, ditambah sekitar 20 ribu ton amunisi.
 
Insiden terbaru i Transnistria terjadi setela seorang perwira senior Rusia mengangkat isu mengenai warga lokal yang menggunakan bahasa Rusia. Isu itu diangkat terkait dengan kampanye militer Rusia di Ukraina.
 
Baca:  Rusia Selidiki Kebakaran Depot Minyak di Dekat Perbatasan Ukraina
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif