Pesawat kargo DHL yang terbelah dua saat mendarat di Kosta Rika. Foto: AFP
Pesawat kargo DHL yang terbelah dua saat mendarat di Kosta Rika. Foto: AFP

Tergelincir dari Landasan, Badan Pesawat Kargo DHL Terbelah Dua

Fajar Nugraha • 08 April 2022 09:29
San Jose: Sebuah pesawat kargo DHL patah menjadi dua usai meluncur dari landasan pacu di Bandara Internasional Kosta Rika di San Jose. Insiden ini membuat pihak berwenang menutup bandara, tetapi tidak melukai awak.
 
Pemadam kebakaran mengatakan Boeing 757 lepas landas dari Bandara Juan Santamaria di barat ibu kota pada Kamis, tetapi memutuskan untuk kembali setelah mendeteksi kegagalan dalam sistem hidrolik.
 
Hector Chaves, Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Kosta Rika mengatakan, bahwa saat mendarat, pesawat tergelincir, berputar dan pecah menjadi dua, memperlihatkan muatannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Unit dikerahkan untuk memindahkan pilot dan co-pilot,” kata Chaves, seperti dikutip AFP, Jumat 8 April 2022.
 
“Kemudian mereka menggunakan busa untuk mencegah tumpahan dan sekarang mereka sedang mengerjakan tanggul tanah untuk menghindari bahan bakar apa pun mencapai sistem drainase,” imbuhnya.
 
Pihak DHL mengatakan kedua pilot tidak terluka. Salah satunya menjalani pemeriksaan medis sebagai tindakan pencegahan.
 
Juru Bicara DHL Daniel McGrath mengatakan, perusahaan tersebut bekerja sama dengan otoritas bandara untuk memindahkan pesawat sehingga penerbangan dapat dilanjutkan.
 
Luis Miranda, wakil direktur penerbangan sipil untuk Kosta Rika mengatakan, pilot dan co-pilot adalah satu-satunya anggota awak di dalam pesawat, yang hanya membawa bahan bakar sekitar dua setengah jam.
 
Administrasi bandara mengatakan kecelakaan itu akan membuat bandara ditutup untuk penerbangan masuk dan keluar selama beberapa jam.

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif