Olivier Dassault (tengah) saat mengunjungi Beauvis, Prancis pada 5 Maret 2021. (Ludovic MARIN / AFP)
Olivier Dassault (tengah) saat mengunjungi Beauvis, Prancis pada 5 Maret 2021. (Ludovic MARIN / AFP)

Politikus Miliarder Prancis Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Internasional kecelakaan helikopter prancis politik prancis Emmanuel Macron
Willy Haryono • 08 Maret 2021 08:21
Paris: Politikus miliarder asal Prancis Olivier Dassault tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter pada Minggu, 7 Maret. Dassault, 69, meninggal sekitar pukul 18.00 usai helikopternya jatuh di dekat resor Deauville di wilayah barat laut Prancis.
 
Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan ungkapan duta cita atas kematian Dassault via Twitter.
 
"Olivier Dassault mencintai Prancis. Beliau adalah kapten industri, anggota parlemen, komandan angatan udara. Sepanjang hidupnya, dia tidak pernah berhenti melayani negara," ungkap Macron, dikutip dari laman France 24 pada Senin, 8 Maret 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Lima Orang Tewas saat Helikopter Jatuh di Pegunungan Alpen Prancis
 
Menyebut kematian Dassault sebagai "sebuah kehilangan besar" bagi Prancis, Macron menyampaikan belasungkawa kepada pihak keluarga. Selama ini, Dassault dan keluarganya dikenal sebagai entitas berpengaruh di bidang penerbangan, pertahanan, industri minuman anggur, dan juga media.
 
Grup Dassault Aviation merupakan salah satu perusahaan pesawat ternama di Prancis, yang berada di balik pembuatan jet tempur Falcon, Mirage, dan juga Rafale.
 
Majalah Forbes mengestimasi bahwa Olivier Dassault adalah orang terkaya ke-361 di dunia pada 2020. Angka kekayaannya tahun kemarin diestimasi mencapai sekitar EUR5 miliar atau setara Rp85 triliun. Tiga saudara Dassault juga diestimasi memiliki kekayaan yang tidak terlalu berbeda.
 
Agensi investigasi kecelakaan pesawat Prancis, BEA, mengatakan bahwa kecelakaan helikopter Dassault terjadi tak lama usai lepas landas dari sebuah lahan pribadi. Cuaca di Deauville kala itu cerah dengan tiupan angin rendah.
 
Beberapa sumber dari penyelidikan mengindikasikan bahwa pilot juga tewas dalam kecelakaan, dan tidak ada siapapun lagi selain ia dan Dassault di dalam helikopter.
 
Tim kejaksaan Prancis mengaku sudah membuka investigasi mengenai kematian Dassault, untuk menentukan apakah kecelakaan terjadi karena masalah teknis, faktor cuaca, atau kesalahan manusia (human error).
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif