Warga berjalan di tengah guyuran salju di Madrid, Spanyol pada 9 Januari 2021. (AFP/GABRIEL BOUYS)
Warga berjalan di tengah guyuran salju di Madrid, Spanyol pada 9 Januari 2021. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Badai Salju Spanyol Tewaskan 4 Orang, Ribuan Terjebak Dalam Mobil

Internasional cuaca ekstrem badai salju spanyol
Willy Haryono • 10 Januari 2021 09:23
Madrid: Badai salju yang melanda sejumlah wilayah di Spanyol telah menewaskan setidaknya empat orang dan membuat ribuan lainnya terjebak di dalam mobil, stasiun kereta, dan juga bandara. Agensi Cuaca Nasional Spanyol melaporkan, guyuran hujan salju di Madrid telah mencapai level yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam setengah abad terakhir.
 
Menurut agensi cuaca AEMET, intensitas guyuran hujan salju di ibu kota Spanyol sempat mencapai lebih dari 50 sentimeter.
 
Dilansir dari laman TVNZ pada Minggu, 10 Januari 2201, jasad seorang pria dan wanita ditemukan oleh layanan darurat Andalucia. Keduanya ditemukan di mobil yang sempat tersapu banjir di dekat kota Fuengirola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Dalam Negeri Spanyol melaporkan, pria 54 tahun juga ditemukan tewas di bawah tumpukan salju tebal di Madrid. Sementara korban keempat adalah pria tunawisma yang meninggal akibat hipotermia di kota Zaragoza.
 
Lebih dari separuh provinsi di Spanyol tetap berada di bawah peringatan terjangan Badai Filomena. Tujuh dari provinsi tersebut menerapkan level kewaspadaan tertinggi.
 
Baca:  Prancis Diselimuti Salju, Menara Eiffel Ditutup Sementara
 
Di Madrid, otoritas setempat mengaktifkan peringatan level merah untuk kali pertama sejak sistem tersebut diadopsi empat dekade lalu. Otoritas Madrid meminta bantuan militer untuk menyelamatkan orang-orang yang terjebak di kendaraan.
 
Sandra Morena, yang sempat terjebak di dalam mobil, terpaksa berjalan kaki ke rumah usai dirinya diselamatkan petugas darurat.
 
"Biasanya perjalanan pulang hanya 15 menit, tapi kali ini hingga 12 jam. Udara begitu dingin, dan saya tidak mempunyai makanan atau air. Saya sempat menangis dengan beberapa orang lain karena kami tidak tahu cara keluar dari sini," tutur Morena.
 
"Salju bisa terlihat begitu indah, tapi terjebak sepanjang malam di dalam mobil sangat tidak menyenangkan," sambungnya.
 
Mendagri Spanyol Fernando Grande-Marlaska melaporkan bahwa petugas telah menyelamatkan lebih dari 1.500 orang yang sempat terjebak di dalam kendaraan mereka masing-masing.
 
AEMET mengingatkan bahwa beberapa wilayah di Spanyol akan tetap diguyur hujan salju selama lebih dari 24 jam. Hal ini diakibatkan kombinasi dari udara dingin dari Semenanjung Iberian dan kedatangan Badai Filomena dari arah selatan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif