Sebuah pohon yang tumbang diterjang Badai Fiona menimpa sebuah rumah di Nova Scotia, Kanada, 24 September 2022. (Drew Angerer / Getty / AFP)
Sebuah pohon yang tumbang diterjang Badai Fiona menimpa sebuah rumah di Nova Scotia, Kanada, 24 September 2022. (Drew Angerer / Getty / AFP)

Badai Fiona Picu Kerusakan Destruktif di Kanada, PM Trudeau Kerahkan Militer

Willy Haryono • 25 September 2022 08:25
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan bahwa Badai Fiona telah menyebabkan kerusakan signifikan, dan pemulihan pascabencana akan membutuhkan "usaha besar." Badai Fiona telah menerjang Kanada timur dengan membawa angin topan, yang memaksa evakuasi warga, menumbangkan pepohonan dan tiang listrik, dan memicu kerusakan lainnya.
 
Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (NHC) mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa pusat Badai Fiona, yang diturunkan kekuatannya ke level Topan Tropis, kini berada di Teluk St. Lawrence setelah sebelumnya melewati Nova Scotia dan Prince Edward Island (PEI).
 
Dari Nova Scotia dan PEI, Badai Fiona menghantam Newfoundland dan Quebec Timur. NHC memprediksi kekuatan Badai Fiona akan berangsur-angsur melemah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari TRT World pada Minggu, 25 September 2022, PM Trudeau mengatakan bahwa bantuan federal untuk Nova Scotia telah disetujui, dan militer juga akan dikerahkan untuk membantu upaya pembersihan.

Hal Paling Menakutkan

Port aux Basques, di ujung barat daya Newfoundland dengan populasi 4.067 jiwa, mendeklarasikan keadaan darurat. Otoritas setempat mengevakuasi beberapa bagian di kota  tersebut yang mengalami banjir dan kerusakan jalan.
 
Sejumlah rumah dan sebuah gedung apartemen rusak dan beberapa bagiannya hanyut terseret hingga ke laut, kata Rene Roy, pemimpin redaksi Wreckhouse Weekly di Port aux Basques, kepada Canadian Broadcasting Corp.
 
"(Bencana) ini benar-benar hal paling menakutkan yang pernah saya lihat dalam hidup saya," kata Roy, menggambarkan banyak rumah yang hancur dan kini hanya berupa tumpukan puing di laut.
 
Hingga Sabtu siang, sekitar 500.000 rumah kehilangan tanpa aliran listrik di seluruh wilayah Newfoundland. Badai Fiona telah menumbangkan pepohonan yang tak terhitung jumlahnya di sana, dan juga menerbangkan atap sejumlah bangunan.
 
Badai Fiona, yang hampir sepekan lalu menghantam Puerto Rico dan bagian lain di Karibia, menewaskan setidaknya delapan orang. Terjangan Badai Fiona juga memadamkan aliran listrik untuk hampir 3,3 juta warga di Puerto Rico.
 
Baca:  Badai Fiona Terjang Puerto Rico, Picu Banjir dan Longsor
 
Fiona mendarat antara Canso dan Guysborough, Nova Scotia. Pusat Badai Kanada mencatat bahwa Fiona memiliki tekanan barometrik terendah dari setiap badai yang pernah menghantam daratan dalam sejarah negara tersebut.
 
Ian Hubbard, ahli meteorologi untuk Pusat Badai Kanada, mengatakan bahwa Fiona sepertinya memang akan menjadi badai "bersejarah" di Kanada.
 
"Sepertinya (Badai Fiona) potensi untuk memecahkan rekor sepanjang masa di Kanada, dan sepertinya memang begitu," ucap Hubbard. "Kami masih belum keluar dari bencana ini," pungkasnya.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif