Kepala Pasukan Elit Garda Revolusi Islam Quds. Qassem Soleimani . Foto: AFP
Kepala Pasukan Elit Garda Revolusi Islam Quds. Qassem Soleimani . Foto: AFP

Kepala Pasukan Garda Revolusi Iran Tewas dalam Serangan di Irak

Internasional irak
Marcheilla Ariesta • 03 Januari 2020 10:58
Baghdad: Sedikitnya tiga roket ditembakkan ke Bandara Internasional Baghdad, Irak pada Jumat, 3 Januari 2020. Insiden ini menewaskan delapan orang, termasuk salah satu kepala militer terkuat Iran, Jenderal Qassim Soleimani yang juga Kepala Pasukan Elit Garda Revolusi Islam Quds.
 
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan, Soleimani sama berbahayanya dengan pemimpin Islamic State Abu Bakr al-Baghdadi. Soleimani merupakan target incaran AS sejak April 2019.
 
Kementerian Luar Negeri AS menyatakan Iran bertanggung jawab atas pembunuhan 608 tentara AS selama Perang Irak. Soleimani merupakan kepala pasukan yang didukung Iran untuk melakukan operasi yang membunuh pasukan Amerika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"17 persen dari semua kematian personel AS di Irak dari tahun 2003 hingga 2011 diatur oleh Soleimani," menurut Kementerian Luar Negeri,demikian dikutip dari Fox News, Jumat, 3 Januari 2019.
 
Serangan ini juga menewasjan Abu Mahdi al-Muhandis, wakil komantan milisi yang didukung Iran. Dia dikenal sebagai Pasukan Mobilisasi Populer.
 
Politisi senior mengatakan jenazah Soleimani diidentifikasi dari cincin yang dipakainya.
 
Kematian Soleimani mendapat kecaman besar. Kedutaan Besar AS di Baghdad dicoret jendelanya dengan tulisan "Soleimani adalah pemimpin kami!"
 
Kematian Soleimani ini merupakan titik balik potensial di Timur Tengah. Iran diperkirakan akan memberikan balasan keras atas kematian jenderal berkuasa itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif