Wabah ebola di Kongo sudah menewaskan 298 orang sejak Agustus 2018. (Foto: AFP).
Wabah ebola di Kongo sudah menewaskan 298 orang sejak Agustus 2018. (Foto: AFP).

Virus Ebola di Kongo Tewaskan 298 Warga

Internasional virus ebola rd kongo
Arpan Rahman • 03 Januari 2019 14:11
Kinshasa: Sebanyak 608 kasus virus Ebola di Republik Demokratik Kongo telah dilaporkan sejak Agustus. Sementara 298 orang dilaporkan tewas.
 
Sementara 207 warga lainnya saat ini tengah menjalani pemulihan, serta 29 orang lainnya diduga menderita penyakit tersebut. Ebola biasanya membunuh sekitar setengah dari mereka yang terinfeksi, tetapi tingkat kematian dalam wabah terbaru berkisar sekitar 60 persen.
 
Pernyataan Kementerian Kesehatan Kongo menambahkan bahwa 54.153 orang telah dirawat dengan vaksin Merck rVSV-ZEBOV. Ini adalah satu-satunya vaksin yang tersedia demi membantu menghentikan penyebaran penyakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari UPI, Kamis, 3 Januari 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan pekan lalu bahwa 18 petugas kesehatan telah meninggal karena penyakit ini.
 
Pekan lalu seorang dokter Amerika tidak dikenal yang terpapar Ebola saat merawat pasien di DR Kongo dipindahkan ke Amerika Serikat untuk dipantau. Situasi di DR Kongo, terutama di provinsi Kivu Utara, dipersulit dengan kehadiran sekitar 50 kelompok pemberontak bersenjata di negara tersebut, serta wabah malaria.
 
Sebanyak satu juta orang telah mengungsi secara internal atau menjadi pengungsi ke negara-negara tetangga, yang berpotensi menyebarkan penyakit ini.
 
Epidemi Ebola terbaru adalah yang paling mematikan kedua dalam sejarah. Wabah di Afrika Barat pada 2014 menewaskan 11.000 orang sebelum dikendalikan.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif