Sebuah helikopter terbang di wilayah Nairobi, Kenya, 26 Juni 2018. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)
Sebuah helikopter terbang di wilayah Nairobi, Kenya, 26 Juni 2018. (Foto: AFP/TONY KARUMBA)

Kecelakaan Helikopter Tewaskan Pilot dan Empat Turis AS

Internasional kecelakaan helikopter kenya
Arpan Rahman • 05 Maret 2019 15:10
Nairobo: Kecelakaan helikopter di Kenya utara menewaskan satu pilot dan empat turis asal Amerika Serikat. Helikopter itu dikabarkan jatuh di Central Island National Park pada Minggu kemarin.
 
Kepolisian Kenya melaporkan adanya dua helikopter yang mendarat di kamp perkemahan Labolo di Central Island National Park pada Minggu malam. Satu helikopter terbang meninggalkan lokasi dengan selamat, sementara satunya lagi jatuh.
 
Penyebab pasti kecelakaan belum diketahui. Media lokal mengatakan bahwa sang pilot, Mario Magonga, diketahui pernah bekerja di bawah wakil presiden Kenya dan memiliki segudang pengalaman di dunia penerbangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Magonga pernah menjadi seorang pilot di Pasukan Pertahanan Kenya. Namun sejak 2017, ia bekerja untuk perusahaan swasta KIDL Helicopters.
 
Kedutaan Besar AS di Nairobi mengonfirmasi kematian empat Negeri Paman Sam. Kedubes AS memaparkan nama tiga dari empat korban, yakni Anders Asher Jesiah Burke, Brandon Howe Stapper dan Kyle John Forti. Forti adalah seorang konsultan politik di Colorado Springs.
 
Menurut laporan Colorado Springs Gazette, Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat AS sempat mengheningkan cipta pada Senin 4 Maret 2019 untuk mengenang Forti.
 
Sementara Stapper diketahui sebagai seorang pengusaha dan investor di San Diego. Burke juga tinggal di San Diego, dan tercatat sebagai presiden sebuah merek produk inkubator.
 
"Kami turut berduka yang sedalam-dalamnya untuk keluarga serta kerabat para korban kecelakaan. Kami menawarkan semua layanan konsuler kepada keluarga para korban," tutur juru bicara Kedubes AS di Nairobi, seperti dikutip dari laman BBC.
 
Richard Onyonka, kerabat dari Magonga, mengatakan bahwa pilot senior itu sudah sering terbang membawa banyak tamu penting di masa lalu. Salah satu tamu itu adalah mantan presiden AS Barack Obama.
 
Kecelakaan ini terjadi tiga pekan setelah insiden pesawat jatuh di Kenya menewaskan lima orang, termasuk tiga asal Negeri Paman Sam.
 
Tahun lalu, 5 Juni 2018, pesawat tujuan Nairobi menabrak gunung pada malam hari. Tragedi tersebut menewaskan sepuluh orang. Reruntuhan pesawat baru ditemukan dua hari usai kejadian.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif