Ilustrasi upaya pemadaman kebakaran. (Foto: AFP)
Ilustrasi upaya pemadaman kebakaran. (Foto: AFP)

Dua Fasilitas Minyak Saudi Terbakar usai Diserang Drone

Internasional konflik yaman arab saudi
Willy Haryono • 14 September 2019 14:32
Riyadh: Dua fasilitas minyak milik perusahaan nasional Arab Saudi, Aramco, terbakar usai terkena serangan pesawat tanpa awak atau drone. Video dari media nasional Saudi Press Agency (SPA) memperlihatkan kobaran api dan asap hitam tebal di Abqaiq, lokasi berdirinya pabrik pengolahan minyak terbesar milik Aramco.
 
Serangan kedua juga memicu kobaran api di Khurais, salah satu ladang minyak Aramco di wilayah barat. SPA menyebut kebakaran di dua fasilitas minyak tersebut sudah berhasil diatasi.
 
Sejauh ini, otoritas Saudi belum menyebutkan pihak yang bertanggung jawab atas serangan. Dalam beberapa serangan sebelumnya, Riyadh cenderung menyalahkan pemberontak Houthi asal Yaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekitar pukul 04.00 (0100 GMT), tim keamanan Aramco mengatasi kebakaran di dua fasilitas mereka di Abqaiq dan Khurais. Serangan berasal dari drone," lapor SPA, dan juga dikutip oleh BBC, Sabtu 14 September 2019.
 
"Dua kebakaran tersebut telah berhasil dikendalikan," lanjutnya.
 
Abqaiq berlokasi sekitar 60 kilometer dari Dhahran di Provinsi Timur Saudi. Sementara Khurais, yang berjarak sekitar 200 km dari Dhahran, adalah lokasi berdirinya ladang minyak terbesar kedua di kerajaan tersebut.
 
Houthi dituding Saudi sebagai dalang di balik serangan drone di fasilitas gas alam Shaybah bulan lalu. Grup itu juga dinilai bertanggung jawab atas rangkaian serangan terhadap fasilitas minyak Saudi pada Mei lalu.
 
Yaman berada dalam status perang sejak 2015, sejak Presiden Abedrabbo Mansour Hadi dipaksa melarikan diri dari Sanaa oleh Houthi. Saudi mendukung Presiden Hadi, dan membentuk serta memimpin sebuah koalisi untuk melawan Houthi.
 
Koalisi tersebut hampir setiap hari melancarkan serangan udara di Yaman, sementara Houthi sering meluncurkan misil ke wilayah Saudi.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif