Pasukan loyalis pemerintah Libya bersiaga di Tripoli, 25 September 2018. (Foto: AFP/File / MAHMUD TURKIA)
Pasukan loyalis pemerintah Libya bersiaga di Tripoli, 25 September 2018. (Foto: AFP/File / MAHMUD TURKIA)

Tiga Orang Tewas dalam Ledakan di Kemenlu Libya

Internasional konflik libya libya isis
Willy Haryono • 25 Desember 2018 18:01
Tripoli: Sedikitnya tiga orang tewas dalam sebuah ledakan yang diikuti baku tembak di Kementerian Luar Negeri Libya di Tripoli, Selasa 25 Desember 2018. Menurut laporan televisi lokal, serangan dilancarkan beberapa "teroris."

Seperti dikutip dari kantor berita AFP, sejumlah saksi mata melihat asap akibat ledakan di sekitar Kemenlu Libya. Hingga saat ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan.

Sejumlah pejabat Libya yang enggan disebutkan namanya mengatakan ledakan berasal dari bom bunuh diri. Petugas keamanan disebut berhasil melumpuhkan pengebom kedua yang hendak meledakkan diri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Terpecah akibat perebutan kekuasaan di internal pemerintah, Libya telah menjadi lahan subur bagi militan dan ekstremis usai tergulingnya Moamer Gaddafi pada 2011. Kelompok militan Islamic State (ISIS) memanfaatkan kekacauan di Libya untuk menguasai kota Sirte pada 2015. Pasukan loyalis pemerintahan GNA yang didukung PBB merebut kembali kota tersebut pada Desember 2016. Pertempuran merebut Sirte berlangsung lebih kurang delapan bulan.

Setelah Sirte direbut, ISIS dan grup ekstremis lainnya mundur ke wilayah gurun untuk mengumpulkan kekuataan. September lalu, ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan bunuh diri di Perusahaan Minyak Nasional Libya di Tripoli, yang menewaskan dua orang dan membuat 10 lainnya terluka.

Empat bulan sebelumnya, ISIS mengklaim serangan ke kantor Komisi Pemilihan Umum Libya yang menewaskan 14 orang.


(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi