Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi topan badai. (Foto: Medcom.id)

Siklon Tropis Damien Hantam Australia

Internasional australia siklon tropis
Willy Haryono • 08 Februari 2020 19:00
Dampier: Siklon tropis Damien menghantam wilayah Pilbara, Australia, Sabtu 8 Februari 2020. Mengikuti arahan otoritas setempat, warga di sekitar area terdampak badai memilih berlindung di dalam rumah masing-masing.
 
Badai kategori tiga ini membawa angin dengan kecepatan 150 kilometer per jam. Kecepatan angin Siklon Damien diperkirakan terus meningkat hingga 220 km/jam seiring pergerakannya yang kian mendekati wilayah pesisir.
 
Biro Meteorologi Australia mengatakan Siklon Damien datang dengan membawa "angin yang sangat merusak" dan "hujan deras berbahaya."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Radio lokal melaporkan bahwa sejumlah pohon dan tiang listrik di dekat kota Dampier tumbang diterjang Siklon Damien. Namun hingga saat ini, tidak ada laporan korban jiwa ataupun kerusakan infrastruktur yang serius.
 
Pilbara, kawasan yang dikenal sebagai penghasil bijih bisi, biasa dilanda badai dari waktu ke waktu. Banyak warga sudah mempersiapkan kedatangan Siklon Damien dengan terlebih dahulu memasok berbagai kebutuhan pokok dan memperkuat struktur rumah masing-masing.
 
Aktivitas sejumlah pelabuhan dan tambang besi di Pilbara dihentikan sementara hingga situasi kembali normal.
 
Otoritas Australia bersyukur karena Siklon Damien tidak menguat menjadi badai Kategori 4 seperti yang telah diprediksi sebelumnya. Kategori 4 berada satu level di bawah level tertinggi, yakni Kategori 5.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif