Ribuan orang berunjuk rasa di Port-au-Prince, Haiti, 9 Juni 2019. (Foto: AFP/CHANDAN KHANNA)
Ribuan orang berunjuk rasa di Port-au-Prince, Haiti, 9 Juni 2019. (Foto: AFP/CHANDAN KHANNA)

Ribuan Warga Desak Pengunduran Diri Presiden Haiti

Internasional Haiti
Willy Haryono • 10 Juni 2019 13:16
Port-au-Prince: Ribuan orang berunjuk rasa di Port-au-Prince, Haiti, Minggu 9 Juni 2019, dalam mendesak pengunduran diri Presiden Jovenel Moise. Demonstran menilai sang presiden sudah tidak pantas lagi menjabat karena terlibat kasus penggelapan.
 
Dipimpin puluhan demonstran bersepeda motor, para pengunjuk rasa yang sebagian besar adalah pemuda memenuhi jalanan ibu kota. Aksi protes ini dikoordinasikan sejumlah partai oposisi dan juga grup sipil.
 
Di tengah pengawalan ketat aparat keamanan, demonstran membuat barikade dengan ban yang sengaja dibakar. Sedikitnya dua bangunan di dekat markas besar kepolisian Haiti terbakar di tengah demo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bentrokan antara pengunjuk rasa dan aparat dikabarkan terjadi di dekat istana kepresidenan. Sejauh ini, tidak ada laporan korban tewas dan luka.
 
"Kami meminta mereka semua yang menggelapkan dana (publik) untuk diproses di hadapan hukum dan asetnya disita," ujar Velina Charlier, seorang pemimpin aksi protes, dilansir dari laman Al Jazeera.
 
"Selain itu, kami juga meminta agar presiden mundur dan menyerahkan diri ke hadapan hukum," sambung dia.
 
Sekelompok hakim dari Mahkamah Tinggi Auditor Haiti mengatakan dalam sebuah laporan pekan kemarin bahwa Presiden Moise berada di pusat "skema penggelapan" dana publik. Dana yang diduga digelapkan berasal dari uang bantuan asal Venezuela untuk perbaikan jalan di Haiti.
 
Program bantuan Petrocaribe asal Venezuela di Haiti telah dicurigai digelapkan pihak tertentu sejak pertama kali dibentuk pada 2008.
 
Sedikitnya tujuh warga Haiti tewas dalam aksi protes berdarah pada Februari lalu, yang berujung pada runtuhnya pemerintahan kala itu. Namun hingga kini belum ada kabinet, tidak ada anggaran pendapatan belanja negara dan juga kepastian kapan pemilihan umum legislatif akan digelar.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif