Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Dok. KBRI Ankara).
Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Dok. KBRI Ankara).

Erdogan Akan Kunjungi Indonesia Awal 2020

Internasional indonesia-turki
Marcheilla Ariesta • 25 Agustus 2019 08:08
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dikabarkan akan mengunjungi Indonesia awal 2020. Erdogan mengaku diundang langsung oleh Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu di sela acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang.
 
Rencana kunjungan tersebut diungkapkan langsung oleh Erdogan kepada Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal. Keduanya sempat berbincang lebih dari sejam usai melakukan proses penyerahan Surat Kepercayaan dari Presiden Jokowi pada Jumat, 23 Agustus 2019.
 
"Saat bertemu di Osaka beberapa waktu lalu, Brother Widodo mengingatkan saya mengenai undangan beliau kepada saya untuk berkunjung ke Jakarta," ujar Erdogan kepada Dubes Iqbal, dikutip dari keteranan tertulis KBRI Ankara yang diterima Medcom.id, Sabtu, 24 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itu saya rencanakan akan berkunjung pada triwulan pertama tahun 2020," imbuhnya.
 
Erdogan meminta agar Dubes Iqbal melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah pusat Indonesia untuk menentukan tanggal dan program kunjungan tersebut.
 
Erdogan mengatakan cukup dekat dengan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sehingga memanggil mereka 'My Brother', yang artinya saudaraku.
 
Presiden Jokowi terakhir melakukan kunjungan kenegaraan ke Turki pada 2017. Saat itu, kunjungannya bukan hanya disambut Pasukan Kepresidenan, namun juga barisan pasukan yang mengenakan seragam tentara Ottoman.
 
Sementara itu, Erdogan sendiri terakhir melakukan kunjungan ke Jakarta pada 2015 silam. Dia sempat memberikan pidatonya di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif