Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Penggembala Serang Desa di Sudan Selatan, 32 Orang Tewas

Internasional konflik sudan selatan
Fajar Nugraha • 23 Januari 2020 05:08
Abyei: Setidaknya 32 orang tewas pada Rabu di Sudan Selatan ketika orang-orang yang dicurigai sebagai penggembala nomaden dari tetangganya, Sudan, menyerang sebuah desa di wilayah Abyei yang kaya minyak.
 
"Tiga puluh dua orang tewas di antara mereka anak-anak dan perempuan, dan yang kedua sekitar 24 orang terluka. Sekitar 15 orang termasuk anak-anak diculik dan 20 rumah dibakar," kantor berita AFP mengutip Kuol Alor Kuol, kepala pemerintahan daerah Abyei.
 
Wilayah ini dihuni oleh komunitas etnis Ngor Dinka dan Misseriya Arab, yang biasanya pergi dari Sudan ke Sudan Selatan dengan hewan-hewan mereka untuk merumput.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Serangan Rabu 22 Januari itu terjadi pada pukul 7.00 pagi waktu setempat, ketika para penyerang menyerbu desa Dinka di Kolom dan membakar rumah-rumah.
 
"Tubuh korban banyak yang terbakar dan kami tidak bisa mengenalinya," kata Kuol.
 
Tidak segera jelas apakah semua 32 orang meninggal karena luka bakar. Kuol juga mencatat bahwa sekitar 18 orang lainnya terluka dalam serangan itu sebelum para penyerang mundur.
 
"Situasi saat ini tenang dan penduduk daerah Abyei semua telah kembali. Mereka sekarang sedang mempersiapkan kuburan massal untuk para korban," pungkas Kuol.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif