Koalisi AS Tangkap Wakil Pemimpin ISIS
Bendera hitam ISIS. (Foto: AFP)
Qamishli: Koalisi pimpinan Amerika Serikat dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) menangkap seorang petinggi kelompok militan Islamic State (ISIS) di provinsi Deir Ezzor, Suriah timur. Kabar disampaikan kantor berita Kurdistan24, Sabtu 24 November 2018.

Osama Awaid Al-Ibrahim atau Abu Zeid diketahui sebagai wakil dari pimpinan tertinggi ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi. Ia ditangkap pada Kamis kemarin di desa Al-Tayyana di timur Sungai Efrat.

Abu Zeid ditangkap patroli gabungan AS dan SDF saat dirinya sedang bersembunyi di bawah terowongan di sebuah rumah. Kala itu, Abu Zeid dikabarkan hendak meledakkan dirinya sendiri. 


Saat ditangkap, Abu Zeid membawa 20 telepon genggam, 80 emas batangan dan sejumlah uang dalam jumlah besar. SDF telah menemukan sebuah gudang senjata di Al-Tayyana, dan investigasi mengarahkan mereka ke Abu Zeid.

Ia adalah mantan perwira rezim Suriah yang berkhianat di tengah perang sipil beberapa tahun lalu. Abu Zeid bergabung dengan Free Syrian Army, dan kemudian Al-Nusra Front sebelum akhirnya menjadi anggota ISIS.

Masih di hari yang sama, patroli gabungan AS-SDF juga menangkap Dhef Al-Melash yang juga merupakan salah satu petinggi ISIS.

Pertempuran meningkat di wilayah Hajin yang dikuasai ISIS dalam beberapa hari terakhir. Ini merupakan fase selanjutnya dari koalisi AS dalam mengeliminasi kekuatan ISIS di sekitar Sungai Efrat, setelah setahun lalu grup tersebut kalah dalam pertempuran di Raqqa.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id