Mantan Presiden Sudan Omar al-Bashir muncul ke hadapan publik usai dilengserkan. (Foto: AFP).
Mantan Presiden Sudan Omar al-Bashir muncul ke hadapan publik usai dilengserkan. (Foto: AFP).

Mantan Pemimpin Sudan Muncul ke Publik Sejak Digulingkan

Internasional konflik sudan
Arpan Rahman • 17 Juni 2019 19:54
Khartoum: Pemimpin Sudan yang digulingkan, Omar al-Bashir pada Minggu terlihat di depan umum untuk kali pertama. Ia dibawa dalam konvoi bersenjata ke kantor kejaksaan.
 
Mantan orang kuat itu, yang memerintah negaranya di Afrika timur dengan tangan besi selama tiga dekade, digulingkan pada 11 April setelah beberapa pekan protes menentang pemerintahannya.
 
Mengenakan jubah putih tradisional dan sorban, Bashir digelandang konvoi bersenjata berat dari penjara Kober yang terkenal di ibu kota Sudan, Khartoum, untuk ditanyai oleh jaksa penuntut atas tuduhan korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jaksa Alaeddin Dafallah berkata kepada wartawan setelah Bashir meninggalkan kantornya bahwa presiden yang digulingkan telah diberitahu bahwa ia menghadapi tuduhan "memiliki mata uang asing, korupsi, dan menerima hadiah secara ilegal".
 

Sementara itu, seorang jenderal tinggi dari dewan militer yang berkuasa di negara itu angkat bicara. Ia menunjuk mereka yang melakukan penumpasan mematikan di situs protes ikonik, yang menyebabkan puluhan orang tewas awal bulan ini, akan menghadapi hukuman mati.
 
"Kami bekerja keras untuk membawa mereka yang melakukan ini ke tiang gantungan," Mohamed Hamdan Dagalo, wakil kepala dewan militer yang berkuasa mengatakan dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi pemerintah.
 
"Siapa pun yang melakukan kesalahan apa pun akan bertanggung jawab," sambung Dagalo, dinukil dari News24, Minggu 16 Juni 2019.
 
Ribuan pengunjuk rasa yang telah berkemah di luar markas militer Khartoum selama beberapa pekan lantas dibubarkan dengan kekerasan oleh kelompok bersenjata dalam seragam militer pada 3 Juni, menurut saksi mata.
 
Lebih dari 100 orang terbunuh pada hari itu di Khartoum, menurut para dokter yang terkait dengan gerakan protes. Sementara kementerian kesehatan menyebutkan jumlah korban jiwa secara nasional sebanyak 61 orang.
 
Para pengunjuk rasa dan saksi mata menuduh kelompok paramiliter yang ditakuti dipimpin oleh Dagalo, Pasukan Dukungan Cepat, melakukan serangan terhadap para demonstran.
 
Para pengunjuk rasa dan pejabat Amerika Serikat sudah menyerukan penyelidikan independen atas tindakan keras tersebut. Pada Kamis, juru bicara dewan militer Jenderal Shamseddine Kabbashi menyatakan "penyesalan" karena tindakan keras ini.
 
Namun dewan menegaskan tidak memerintahkan pembubaran, seraya mengatakan pihaknya sebenarnya sudah berencana membersihkan daerah dekat kamp protes tempat orang dikatakan menjual narkoba.
 
Kabbashi mengatakan temuan penyelidikan kematian akan dirilis pada Sabtu. "Perencanaan (wilayah) operasi Kolombia dilakukan oleh pihak militer dan keamanan," kata dewan itu dalam sebuah pernyataan Sabtu malam.
 
"Kami jamin bahwa dewan tertarik untuk menyelidiki fakta demi fakta melalui komite investigasi," cetusnya.
 
Bashir meraih kekuasaan dalam kudeta yang didukung Islamis pada 1989. Sudan menderita tingkat korupsi yang tinggi selama masa pemerintahannya, peringkat 172 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi 2018 Transparency International.
 
Ketika dia memberlakukan keadaan darurat pada 22 Februari dalam upaya memadamkan protes yang meletus pada Desember atas biaya hidup yang melonjak, Bashir mengeluarkan dekrit yang membuatnya ilegal karena memiliki lebih dari USD5.000 dalam mata uang asing.
 
Tetapi pada April, kepala dewan militer Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mengatakan lebih dari USD113 juta uang tunai dalam tiga mata uang telah disita dari kediaman Bashir setelah ia digulingkan.
 
Satu tim polisi, tentara, dan agen keamanan menemukan tujuh juta euro (USD7,8 juta), USD350.000 dan lima miliar pound Sudan (USD105 juta).
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif