NEWSTICKER
Pesawat drone tipe Reaper milik AS. (Foto: AFP)
Pesawat drone tipe Reaper milik AS. (Foto: AFP)

Serangan AS Hantam Rumah Petinggi al-Qaeda di Yaman

Internasional amerika serikat al qaeda
Willy Haryono • 01 Februari 2020 15:06
Washington: Amerika Serikat melancarkan sebuah serangan udara yang menghantam kediaman Qassim al-Rimi, kepala grup Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) di Yaman. Menurut laporan New York Times, Rimi diserang setelah diawasi AS selama berbulan-bulan.
 
Dilansir dari Asharq al-Awsat, Sabtu 1 Februari 2020, sejumlah petinggi AS masih menanti konfirmasi kematian Rimi sebelum bisa mengeluarkan pengumuman ke hadapan publik.
 
Seorang sumber di Yaman mengonfirmasi bahwa serangan pesawat tanpa awak (drone) AS mengenai rumah milik Rimi di Wadi Obeidah di wilayah timur dari Marib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut keterabgan seorang pejabat AS yang mengetahui serangan tersebut, Agensi Intelijen Pusat (CIA) telah mendeteksi keberadaan Rimi dari seorang informan di Yaman pada November lalu.
 
Informasi tersebut memungkinkan AS melakukan pengawasan udara dengan menggunakan drone.
 
Media lokal di Yaman melaporkan adanya serangan udara yang menewaskan dua terduga militan di Wadi Obeidah. Laporan tersebut tidak menyebutkan identitas keduanya.
 
Seorang veteran dari kamp pelatihan al-Qaeda di Afghanistan, Rimi pulang ke Yaman dan divonis lima tahun penjara atas tuduhan merencanakan pembunuhan terhadap duta besar AS.
 
Ia melarikan diri dari penjara satu tahun kemudian, dan namanya mulai dikenal di jajaran petinggi al-Qaeda.
 
Kementerian Luar Negeri AS telah menawarkan uang hadiah USD5 juta (setara Rp68 miliar) untuk informasi berguna terkait Rimi.
 
Kemenlu AS kemudian menaikkan angka uang hadiahnya menjadi USD10 juta atau Rp137 miliar.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif