Selandia Baru Bantu RI Cetak Pemimpin Masa Depan
Para aktivis dari Indonesia Timur yang tergabung dalam program INSPIRASI. (Foto: Dok. KBRI Wellington).
Wellington: Sebanyak delapan aktivis muda asal Gorontalo, Gowa, Sumba, Kupang, Makassar dan Ambon mengunjungi Kedutaan Besar RI yang ada di Selandia Baru. Para anak muda ini merupakan peserta program Indonesia Young Leaders Programme (INSPIRASI).

Mereka menceritakan pengalaman yang didapat saat belajar di Selandia Baru. Beberapa bidang yang digeluti adalah pelestarian hutan, kesejahteraan anak, penguatan peran perempuan, promosi produk dan makanan lokal, pemberian bantuan hukum bagi perempuan dan anak. 

"Selain itu ada pula pengelolaan sampah serta pariwisata," demikian dikutip dari pernyataan KBRI Wellington, Kamis, 25 Oktober 2018.


Program ini diselenggarakan oleh UnionAID bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru. Program tersebut baru pertama kali dilaksanakan dan menjadi bentuk perhatian serta komitmen Pemerintah Selandia Baru untuk melahirkan agen perubahan dari Indonesia bagian Timur.

"Kedepannya, program tahunan ini diharapkan dapat menjaring lebih banyak lagi anak muda yang aktif bergerak di berbagai organisasi kemasyarakatan di Indonesia Timur yang berpeluang besar untuk membangun daerahnya masing-masing dan membantu memberdayakan serta menyejahterakan masyarakat," imbuh KBRI Wellington.

Mereka berjanji akan mendukung dan memfasilitasi lebih banyak anak muda untuk belajar menjadi pemimpin. Mereka berharap program ini bisa melahirkan para pemimpin Indonesia dari timur yang memiliki wawasan global namun tetap berjiwa nasionalisme tinggi.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id