Situasi Bandara Abha yang diserang pemberontak Houthi. (Foto: AFP).
Situasi Bandara Abha yang diserang pemberontak Houthi. (Foto: AFP).

Houthi Kembali Serang Bandara Arab Saudi, 1 Tewas

Internasional arab saudi pemberontak houthi
Marcheilla Ariesta • 24 Juni 2019 10:45
Riyadh: Pemberontak Houthi Yaman kembali melancarkan serangan ke bandara sipil Arab Saudi. Kali ini, serangan dilancarkan di Bandara Abha dan menewaskan satu orang.
 
"Sebuah serangan teroris oleh militan Houthi yang didukung Iran terjadi di bandara internasional Abha. Seorang warga Suriah tewas dan tujuh warga lainnya terluka," kata koalisi Arab Saudi dalam sebuah pernyataan, dilansir dari Aljazeera, Senin, 24 Juni 2019.
 
Televisi Al Arabiya milik Arab Saudi mengatakan sebuah pesawat tak berawak diduga menabrak tempat parkir di Bandara Abha. Sementara itu, menurut Almasirah TV yang dikelola Houthi, kelompok ini menargetkan bandara Abha dan Jizan di Arab Saudi dengan serangan drone.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal bulan ini, sebuah rudal Houthi menghantam bandara yang sama. Akibat serangan tersebut, 26 orang terluka.
 
Bandara Abha terletak sekitar 200 kilometer di utara perbatasan dengan Yaman. Bandara ini melayani rute domestik dan regional.
 
Pertempuran antara Arab Saudi dengan pemberontak Houthi terjadi kala koalisi Liga Arab melakukan intervensi di Yaman pada 2015. Mereka mencoba mengembalikan pemerintah yang diakui internasional, yang dihancurkan oleh Houthi pada akhir 2014.
 
Houthi telah meningkatkan serangan rudal dan pesawat tak berawak ke kota-kota Arab Saudi dalam sebulan terakhir. Peningkatan serangan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan negara-negara Teluk Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif