Budaya Indonesia menarik perhatian warga Ivanovo, Rusia. (Foto: Dok. KBRI Moskow)
Budaya Indonesia menarik perhatian warga Ivanovo, Rusia. (Foto: Dok. KBRI Moskow)

Gema Budaya Indonesia di Ivanovo Rusia

Internasional indonesia-rusia
Sonya Michaella • 29 Mei 2019 09:21
Moskow: Tim kesenian KBRI Moskow turut memeriahkan hari jadi Kota Ivanovo ke-148. Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang dalam acara tersebut.
 
Tim yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Rusia Wahid Supriyadi ini menampilkan berbagai acara seperti pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, lokakarya tari dan juga dilibatkan dalam acara pembukaan bersamaan dengan tim kesenian lokal.
 
Ketertarikan masyarakat ditambah ketika dua pesinden berkewarganegaraan Rusia, Yulia Ryzhaya dan Anna Zhikhareva menyanyikan beberapa lagu seperti Selendang Biru, Simpang Lima, Aja Dipleroki, Ayun Ayun, dan Kuwi Apa Kuwi. Bahkan Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow asuhan Tri Koyo ini mengiringi acara fashion show yang menampilkan desainer lokal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini adalah penampilan gamelan di kota keempat di Rusia dalam dua tahun terakhir, setelah Moskow, Moskow Region, Kazan dan St. Petersburg. Untuk kedua kalinya pula gamelan mengiringi acara pertunjukan fesyen di Rusia. Hal ini menunjukkan bahwa musik tradisional Indonesia semakin diterima di Rusia," kata Wahid, Rabu 29 Mei 2019.
 
Pengunjung dengan penuh antusias menyaksikan pertunjukan gamelan yang belum pernah dilihat sebelumnya. Tidak sedikit pengunjung yang mengabadian penampilan Tim Kesenian KBRI Moskow ini dengan kamera telepon genggamnya atau kamera khusus. Beberapa pengunjung bahkan berswafoto dengan Tim Kesenian KBRI Moskow yang secara keseluruhan adalah warga Rusia.
 
Apresiasi yang besar atas kehadiran Tim Kesenian KBRI Moskow disampaikan juga oleh Gubernur Ivanovo Region Stanislav Voskresenky saat bertemu dengan Wahid.
 
Gubernur Voskresensky juga sepakat untuk mengembangan kerja sama dengan Indonesia khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, budaya, dan sister province. Bagi Gubernur Voskresenky, Indonesia tidak begitu asing karena dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia.
 
Ivanovo yang berjarak sekitar 300 km ke arah timur laut kota Moskow adalah kota bersejarah dan juga kota industri dengan penduduk lebih dari 400 ribu orang dari keseluruhan sekitar satu juta jiwa penduduk Ivanova Region.
 
Kota ini masuk dalam area golden ring Rusia karena letaknya tidak terlalu jauh dari Moskow dan menjadi salah satu jalur dan pengembangan destinasi pariwisata Rusia, selain Sergiev Posad, Vladimir dan Suzdal.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif