Bendera Arab Saudi. (Foto: Al Jazeera)
Bendera Arab Saudi. (Foto: Al Jazeera)

Usai Ramadan, Arab Saudi Eksekusi Tiga Cendekiawan

Internasional eksekusi mati arab saudi
Sonya Michaella • 24 Mei 2019 11:40
Riyadh: Arab Saudi segera mengeksekusi mati tiga cendekiawan terkemuka dengan tuduhan terorisme. Mereka akan dieksekusi setelah bulan Ramadan berakhir.
 
Sheikh Salman al-Awdah, Awad al-Qarni dan Ali al-Omari dituduh menyebarkan ideologi terorisme. Al-Awdah merupakan cendekiawan internasional dan digambarkan para ahli PBB sebagai reformis.
 
Al-Awdah, yang memiliki 13 juta pengikut di Twitter, juga pernah mengunggah referensi dan bukti terkait hubungan Arab Saudi dan Qatar yang menegang kala itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak akan menunggu lagi untuk mengeksekusi orang-orang ini begitu hukuman mati telah dijatuhkan," ucap seorang sumber pemerintah, dikutip dari Aljazeera, Jumat 24 Mei 2019.
 
Ketiganya kini sedang menunggu putusan di Pengadilan Khusus Kriminal di Riyadh. Mereka telah ditahan sejak September 2017 dalam operasi anti-korupsi yang dipimpin Putra Mahkota Mohammed bin Salman.
 
Sumber anonim ini menambahkan, 37 orang yang dieksekusi bulan lalu dikatakan sebagai uji coba untuk mengukur kekuatan dari kecaman internasional.
 
Seorang tokoh oposisi Arab Saudi Ali al-Ahmad menilai, langkah eksekusi tiga cendekiawan ini merupakan kejahatan pemerintah untuk meneror warga Arab Saudi lainnya.
 
Namun, organisasi HAM di Arab Saudi yang berbasis di London, menyebut laporan eksekusi itu tidak benar.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif