KBRI Wellington Diubah Jadi Rumah Indonesia
Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dalam sambutannya di hadapan PPI Selandia Baru, 14-15 April 2017. (Foto: PPI/KBRI Wellington)
Wellington: Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya menjadikan Kedutaan Besar RI di Wellington menjadi "Rumah Indonesia." Ruangan-ruangan yang ada dalam kompleks KBRI Wellington diberi nama wilayah-wilayah Indonesia dan menjadi tempat pemasaran beragam produk Tanah Air.

Peresmian "Rumah Indonesia" dilakukan Sabtu 10 November 2018 pagi waktu setempat, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Bambang Soesatyo. Hadir pula dalam acara mantan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, para anggota DPR, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, dan pelajar Indonesia, terutama asal Papua, yang kuliah di Selandia Baru.

Tantowi mengatakan lobi konsuler di bagian depan KBRI Wellington diubah menjadi Ruang Papua. "Kami ingin menjawab persepsi keliru tentang Papua selama ini dianggap ditelantarkan. Di KBRI (Wellington), Papua menjadi serambi Indonesia," kata Tantowi, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id.


Secara bersamaan, Jumat kemarin juga diresmikan Graha Gorontalo yang tempatnya agak terpisah dari bangunan induk. Graha Gorontalo dibangun atas bantuan Rachmat Gobel sebagai anak Gorontalo.

Menurut Tantowi, Graha Gorontalo akan menjadi etalase bagi produk-produk ekspor Indonesia. Presiden Joko Widodo meminta agar nilai perdagangan antarkedua negara bisa ditingkatkan menjadi 4 miliar dolar Selandia Baru pada 2024. Graha Gorontalo menjadi salah satu jawaban untuk mendorong ekspor Indonesia ke Selandia Baru.

Rachmat Gobel mengatakan, ketika menjadi Menteri Perdagangan dirinya berharap KBRI bisa menjadi ujung tombak pemasaran. Untuk itu dibutuhkan ruang pamer memadai agar ketika pengusaha setempat ingin berbisnis dengan Indonesia, bisa mengetahui beragam produk yang ada.

Gedung KBRI Wellington, yang menjadi milik Indonesia sejak 1963, kini memiliki lima ruangan. Selain Ruang Papua dan Graha Gorontalo, ada Ruang Sriwijaya, Ruang Bali dan Ruang Jawa.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id