Warga Kurdi di Suriah melempari kendaraan militer AS dengan batu dan tomat busuk. (Foto: Washington Post)
Warga Kurdi di Suriah melempari kendaraan militer AS dengan batu dan tomat busuk. (Foto: Washington Post)

Tentara AS Dilempari Tomat Busuk oleh Warga Kurdi

Internasional suriah turki kurdi
Sonya Michaella • 23 Oktober 2019 10:29
Qamishli: Sebuah video amatir menunjukkan gerombolan warga Kurdi Suriah melempari tank militer Amerika Serikat (AS) dengan batu dan tomat busuk.
 
Peristiwa ini terjadi ketika sejumlah tank tentara AS mengibarkan bendera Amerika di Qamishli, dekat perbatasan Turki dan Suriah. Beberapa dari mereka sempat menghalangi jalannya kendaraan militer tersebut.
 
Dilansir dari Washington Post, Rabu 23 Oktober 2019, peristiwa ini merupakan buntut dari penarikan pasukan AS dari utara Suriah oleh Presiden Donald Trump.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga Kurdi di Suriah menganggap penarikan pasukan ini sebagai bentuk pengabaian AS terhadap situasi di kawasan tersebut. Padahal, milisi Kurdi merupakan penumpas operasi kelompok teroris Islamic State (ISIS).
 
Keputusan Trump dianggap membuka jalan untuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerang di perbatasan Turki dan Suriah. Bukan dianggap penumpas ISIS, Turki menganggap pasukan Kurdi atau YPG adalah teroris.
 
Menurut Trump, keputusannya untuk menarik pasukan AS dari Suriah merupakan bagian dari janji kampanyenya pada 2016 silam. Namun, penarikan pasukan AS ini dianggap sejumlah pihak akan membangkitkan ISIS lagi.
 
Tak hanya itu, beberapa anggota militer AS mengeluhkan bahwa mereka merasa mengkhianati pasukan Kurdi yang selama ini menjadi koalisi mereka menghantam ISIS.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif