Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi ledakan. (Foto: Medcom.id)

Delapan Polisi Kenya Tewas saat Buru Militan al-Shabaab

Internasional kenya al-shabaab
Willy Haryono • 16 Juni 2019 11:17
Wajir: Sedikitnya delapan polisi Kenya tewas saat mobil mereka terkena bom yang ditaruh di pinggir jalan di dekat perbatasan Somalia, Sabtu 15 Juni 2019.
 
Sebelas polisi berada di mobil yang terkena ledakan tersebut di daerah Wajir timur. Nasib tiga orang lainnya di mobil tersebut belum diketahui. Sejauh ini, belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom.
 
Sejumlah petinggi kepolisian Kenya mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa ledakan terjadi saat para petugas sedang memburu militan dari grup ekstremis al-Shabaab. Al-Shabaab adalah grup terafiliasi al-Qaeda yang berusaha menggulingkan pemerintahan Somalia beserta para sekutunya, termasuk Kenya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Al-Shabaab telah kehilangan banyak wilayah mereka, termasuk yang berada di ibu kota dari Somalia, yakni Mogadishu. Namun mereka masih mengusai banyak wilayah di pegunungan Somalia dan terus melancarkan taktik gerilya terhadap otoritas setempat.
 
Selain di Somalia, al-Shabaab juga melakukan rangkaian penyerangan dan penculikan di Kenya. Aksi Al-Shabaab di negara tersebut merupakan bentuk balasan atas keterlibatan Kenya dalam Anisom -- pasukan gabungan benua Afrika yang beranggotakan 20 ribu personel.
 
Sementara itu dalam insiden terpisah, sedikitnya delapan orang tewas terkena bom yang meledak di sebuah pos pemeriksaan di dekat parlemen Somalia di Mogadishu. Al-Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas ledakan bom tersebut, dan juga satu serangan lainnya di sebuah ruas jalan dekat bandara yang tidak menimbulkan korban jiwa.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif