Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Kampanye Pemilu di Mozambik Telan 10 Nyawa

Internasional Mozambik
Fajar Nugraha • 12 September 2019 08:23
Nampula: Setidaknya sepuluh orang tewas di Mozambik dalam sebuah kampanye kampanye Presiden Filipe Nyusi. Mereka yang tewas diketahui terhimpit oleh massa lain.
 
Insiden ini berlangsung hanya sebulan lebih menjelang pemilihan umum. Stadion kecil di kota utara Nampula di mana kampanye diadakan pada Rabu penuh sesak. Massa saling berhimpitan ketika orang-orang bergegas keluar dari stadion.
 
"Sayangnya 10 dari militan partai kami meninggal," pernyataan partai yang berkuasa Frelimo, seperti dikutip AFP, Kamis, 12 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihak Frelimo menambahkan bahwa 85 orang terluka. warga yang turut mengikuti kampanye, Benjamin Nhumaio mengatakan, pemandangan itu adalah ‘kekacauan total’. Insiden itu merenggut nyawa setidaknya 6 wanita dan 4 pria.
 
"Apa yang terjadi adalah bahwa gerbang ditutup dan mereka baru dibuka setelah kepergian calon Frelimo, Presiden Nyusi," kata Nhumaio.
 
"Oleh karena itu semua orang di dalam 25 de Junho Stadion ingin pergi pada saat yang sama dan ada orang yang didorong dan mereka jatuh dan diinjak-injak," tambahnya.
 
Nyusi berharap untuk masa jabatan kedua pada pemilihan umum yang dijadwalkan 15 Oktober. Partai Frelimo-nya telah mendominasi kekuasaan selama lebih dari empat dekade dan dia diharapkan menang.
 
Pemerintah dan mantan oposisi kelompoknya yang berubah menjadi partai oposisi Renamo menyelesaikan pakta perdamaian yang telah lama ditunggu-tunggu bulan lalu, 27 tahun setelah berakhirnya perang saudara pertama.
 
Tetapi Renamo mengatakan lusinan anggotanya diserang hanya beberapa hari setelah penandatanganan perjanjian bersejarah itu, mengancam perjanjian penting itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif