Kematian Jamal Khashoggi

Erdogan Klaim Punya Informasi Tambahan Soal Khashoggi

Arpan Rahman 27 Oktober 2018 12:01 WIB
arab sauditurkiJamal Khashoggi
Erdogan Klaim Punya Informasi Tambahan Soal Khashoggi
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidato di Ankara, 26 Oktober 2018. (Foto: AFP/TURKISH PRESIDENTIAL PRESS SERVICE)
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan belum mengeluarkan semua "jurusnya" dalam kasus kematian Jamal Khashoggi. Ia mengklaim masih memiliki sejumlah informasi tambahan mengenai jurnalis asal Arab Saudi itu.

"Tentu saja, kami masih memiliki informasi dan dokumen lain. Kami punya itu," ucap Erdogan dalam pidato di jajaran anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) di Ankara, Jumat 26 Oktober 2018.

"Tapi kami merasa tidak perlu untuk terburu-buru (mengungkapkannya)," lanjut dia, seperti dinukil dari kantor berita NBC News.


Serangkaian bocoran informasi dari sejumlah pejabat Turki terkait kematian Khashoggi -- jurnalis yang pernah beberapa kali mengkritik Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman -- telah memicu gelombang kecaman dan kritik terhadap Riyadh.

Baca: Ahli PBB Inginkan Penyelidikan Internasional Kematian Khashoggi

Awalnya Arab Saudi membantah keras Khashoggi tewas di sebuah konsulat di Istanbul pada 2 Oktober. Namun sekitar dua pekan kemudian, Arab Saudi mengakui bahwa jurnalis itu memang telah tewas di gedung tersebut, namun akibat sebuah perkelahian.

Pernyataan Arab Saudi dianggap sejumlah pihak tidak kredibel. Erdogan mengatakan ada indikasi kuat pembunuhan Khashoggi telah direncanakan jauh-jauh hari.

Dalam pidatonya, Erdogan mengatakan jaksa agung Arab Saudi akan tiba di Turki pada Minggu 28 Oktober. Kedatangan jaksa agung Arab Saudi merupakan bagian dari investigasi gabungan dua negara terhadap kematian Khashoggi.

Sementara itu tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, muncul di saluran televisi Haberturk untuk kali pertama sejak pembunuhan Khashoggi . Ia mengaku tidak dapat mengekspresikan kesedihannya itu, dan meminta agar semua yang terkait pembunuhan Khashoggi untuk diseret ke jalur hukum.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id