Raja Salman siap merespons serangan terhadap kilang minyak Aramco. Foto: AFP
Raja Salman siap merespons serangan terhadap kilang minyak Aramco. Foto: AFP

Kilang Diserang, Raja Arab Siap Beri Balasan

Internasional arab saudi raja salman
Fajar Nugraha • 18 September 2019 05:06
Riyadh: Menanggapi serangan terhadap kilang minyak Aramco, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz menegaskan bahwa pihaknya mampu merespons serangan itu.
 
Dalam pertemuan kabinet pada Selasa, Raja Salman meyakinkan kemampuan Arab Saudi untuk menghadapi konsekuensi dari serangan yang menghantam pada Sabtu.
 
"Serangan-serangan ini tidak ditujukan pada fasilitas vital Arab Saudi saja, tetapi juga mengancam ekonomi global,” ujar Raja Salman, seperti dikutip Gulf News, Rabu, 18 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada saat bersamaan Raja Salman menyampaikan penghargaannya kepada para pemimpin negara, pejabat negara, organisasi regional dan internasional dan semua pihak yang menyatakan kecaman terhadap serangan yang menargetkan dua fasilitas Aramco.
 
Sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan dewan menteri Arab Saudi mengatakan Kabinet telah meninjau kerusakan yang disebabkan oleh serangan terhadap instalasi Aramco, dan menyerukan kepada pemerintah dunia untuk menghadapi para penjahat ‘terlepas dari asal mereka’.
 
Kabinet juga mengatakan akan mempertahankan wilayah dan fasilitas vitalnya setelah serangan dahsyat pada dua situs Aramco memangkas setengah produksi minyak kerajaan.
 
“Kerajaan mampu menanggapi tindakan semacam itu terlepas dari asalnya,” pernyataan pihak Kabinet dalam keterangan yang dikeluarkan oleh Badan Pers Saudi.
 
Sementara Menteri Energi Arab Saudi telah memberi pengarahan kepada Raja Salman tentang dampak serius dari serangan itu.
 
Pemberontak Houthi Yaman melancarkan serangan pesawat tak berawak ke fasilitas pemrosesan minyak terbesar di dunia di Arab Saudi dan ladang minyak utama. Serangan itu memicu kebakaran besar dan mengurangi sekitar setengah dari pasokan dari eksportir minyak terbesar di dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif