Kematian Jurnalis Arab Saudi

Kasus Khashoggi Tak Dibawa Turki ke Pengadilan Internasional

Fajar Nugraha 26 Oktober 2018 11:49 WIB
arab sauditurkiJamal Khashoggi
Kasus Khashoggi Tak Dibawa Turki ke Pengadilan Internasional
Jamal Khashoggi dikenal sebagai pengkritik keluarga Kerajaan Arab Saudi. (Foto: AFP).
Ankara: Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melontarkan pernyataan keras terkait kematian jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi. Dia menegaskan siapapun yang terlibat harus diadili di Turki.
 
"Setiap orang yang berkaitan dengan pembunuhan tersebut perlu diperiksa dan diadili di Turki," tegas Menlu Cavusoglu, seperti dikutip Anadolu, Jumat 26 Oktober 2018.
 
Baca juga: Arab Saudi Akui Khashoggi Dibunuh di Konsulat.
 
Khashoggi, koresponden The Washington Post, terakhir kali terlihat pada 2 Oktober, ketika ia memasuki Konsulat Arab Saudi di Istanbul. Arab Saudi yang terus menolak membeberkan keberadaannya, akhirnya mengakui bahwa jurnalis berusia 59 tahun itu tewas di dalam gedung konsulat.
 
Beberapa pejabat Arab Saudi mengakui bahwa Khashoggi terbunuh dalam 'perkelahian' di dalam Konsulat. Cavusoglu mengatakan media dan organisasi internasional terus mengikuti perkembangan kasus itu.
 
"Proses ini harus ditangani dengan cara yang sangat jelas dan transparan," tuturnya.
 
Namun Menlu Cavusoglu menambahkan bahwa Turki berbagi keterangan dan bukti berkaitan dengan kasus itu dengan mereka yang ingin memperoleh keterangan terperinci. Hal ini sesuai dengan hukum internasional.
 
"Untuk saat ini, kami tak memiliki keinginan untuk membawa masalah ini ke pengadilan internasional," imbuh Cavusoglu.
 
Sementara Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman akhirnya berkomentar mengenai pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Dia mengecam pembunuhan tersebut dan berjanji keadilan akan menang.
 
"Insiden itu sangat menyakitkan bagi semua orang Arab Saudi, itu adalah insiden menjijikkan dan tidak ada yang bisa membenarkannya," katanya dalam bahasa Arab di forum Future Investment Initiative.
 
Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Kecam Pembunuhan Khashoggi.
 
"Mereka yang terlibat akan bertanggung jawab. Pada akhirnya keadilan akan menang," kata dia.
 
Pangeran Mohammed sendiri ditengarai terlibat dalam pembunuhan Khashoggi. Tetapi Menlu Arab Saudi Adel al-Juberi menegaskan bahwa Pangeran Mohammed tidak mengetahui sama sekali tentang insiden tersebut.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id