Kota kuno Hatra di Irak, salah satu situs warisan budaya dunia Unesco. Foto: AFP/Philippe Desmazes/STF
Kota kuno Hatra di Irak, salah satu situs warisan budaya dunia Unesco. Foto: AFP/Philippe Desmazes/STF

Situs Jalan Pendakian Romawi Kuno di Pegunungan Bosnia

MetroTV • 23 Juli 2021 10:10
Jakarta: Sebuah situs Romawi kuno baru berupa jalan pendakian kuno ditemukan disudut timur laut pegunungan Bosnia. Sembari menghayati, pengunjung yang datang juga mengenakan pakaian ala bangsa Romawi.
 
Seorang professor sejarah abad pertengahan bernama Mersiha Imamovic dan tim yang pertama kali menemukan jalur pendakian di lereng gunung Konjuh di timur laut Bosnia.
 
Dari hasil penelitian, jalur ini sudah ada sejak 000 tahun lalu dan digunakan untuk akses jalan warga Romawi kuno. Dan penelitian ini diduga pernah dilakukan pada tahun 1960 lalu oleh sejumlah ilmuan, namun gagal. Kemudian penelitian kembali dilakukan  pada tahun 2019 dengan mewawancarai warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jalur Romawi kuno ini merupakan monument pertama dari sejarah masa lalu yang ditemukan di pegunungan Konjuh. Dan penemuan kedua bersama dengan waduk kuno zaman Romawi. Keduanya ditemukan di Kota Tuzla sejak 2019, dan berada di wilayah Tuzla," ujar Mersiha.
 
Penemuan situs ini mampu meningkatkan daya tarik pariwisata Bosnia, situs ini akan segera dibuka untuk umum. Nantinya turis akan diajak untuk menjelajahi situs ini dengan menggunakan atribut Romawi kuno sembari diberikan penjelasan tentang sejarah masa lampau.
 
Selain kedua situs tersebut, Bosnia juga terus menggenjot penemuan-penemuan peninggalan sejarah masa lampau. Seperti di sisi selatan Bosnia yang terdapat sebuah situs dari abad pertama yang diluluh lantahkan oleh kependudukan Romawi kuno. (Nabila Safarina)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif