Kegiatan menanam pohon di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu 20 Juli 2019. (Foto: KBRI Addis Ababa)
Kegiatan menanam pohon di KBRI Addis Ababa, Ethiopia, Sabtu 20 Juli 2019. (Foto: KBRI Addis Ababa)

Ramai-Ramai Menanam Pohon di KBRI Addis Ababa

Internasional lingkungan hidup Indonesia-Ethiopia
Willy Haryono • 21 Juli 2019 06:32
Addis Ababa: Indonesia dan Ethiopia adalah dua negara sahabat yang memiliki perhatian dan komitmen tinggi dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Salah satu komitmen diperlihatkan kedua negara melalui kegiatan penghijauan, diantaranya dengan mendorong masyarakat menanam pohon secara masif.
 
Presiden Indonesia, Joko Widodo, telah mengimbau masyarakat agar aktif meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan menjaga kelestarian hutan secara terus menerus. Sementara Perdana Menteri Ethiopia, Abiy Ahmed, baru-baru ini mencanangkan penanaman empat miliar pohon selama musim hujan pada Juni-September tahun ini.
 
Hal itu disampaikan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, saat membuka acara penanaman bersama 70 pohon di sekitar gedung dan taman hutan KBRI Addis Ababa, Sabtu 20 Juli 2019. Acara yang diinisiasi KBRI Addis Ababa itu dihadiri sekitar 80 orang, antara lain pejabat pemerintah, akademisi, pengusaha, tokoh publik, seniman dan profesional lain Ethiopia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penghijauan dan menanam pohon sangat penting bagi kelangsungan hidup anak dan cucu kita. Banyak hutan yang rusak atau mati, dan itu harus kita ganti dengan pohon yang baru. Marilah kita menghijaukan dunia dari Ethiopia, menghijaukan Ethiopia dari Addis Ababa dan menghijaukan Addis Ababa dari taman hutan KBRI Addis Ababa yang sudah rindang ini dengan bersama-sama kita menanam pohon," ungkap Duta Besar Al Busyra Basnur, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id.
 
Lebih lanjut Dubes Al Busyra Basnur mengatakan bahwa acara menanam pohon bersama itu juga dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah Ethiopia, yaitu menanam empat miliar pohon pada musim hujan tahun ini (Juni-September); meningkatkan kesadaran masyarakat dunia untuk menanam pohon sebanyak mungkin; dan mempererat persahabatan bangsa Indonesia dengan Ethiopia.
 
Sementara itu, Getachew Mekebo, Dirjen Asia dan Oceania, Kemenlu Ethiopia dalam sambutannya mengatakan bahwa KBRI Addis Ababa adalah kedutaan asing pertama di Ethiopia yang menginisiasi gerakan tanam pohon bersama.
 
"Ini adalah sebuah bentuk dukungan Indonesia yang luar biasa terhadap pemerintah Ethiopia dalam program gerakan tanam empat miliar pohon selama musim hujan tahun ini. Pemerintah Ethiopia sangat menghargai kegiatan Kedutaan Besar Indonesia di Addis Ababa dan mengharapkan menjadi contoh bagi kedutaan besar negara lain di Addis Ababa," kata Getachew.
 
Pejabat pemerintah Ethiopia yang menanam pohon di KBRI Addis Ababa diantaranya Direktur Jenderal Multilateral; Direktur Jenderal Asia dan Oceania ; Direktur Kerja Sama Kementerian Pemuda; Komisioner Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Komisioner Kerja Sama Perdagangan, serta pihak Kepolisian setempat.
 
Selain itu, sejumlah pengusaha Ethiopia, NGO, pimpinan lebih dari 15 organisasi millennial, tokoh masyarakat Indonesia di Ethiopia dan KBRI Addis Ababa juga ikut menanam pohon, termasuk Dubes Al Busyra Basnur dan isteri Wenny Busyra serta staf KBRI Addis Ababa.
 
Tokoh masyarakat Indonesia di Ethiopia yang juga menanam pohon diantaranya Adrianto Yuliar Salam, Deputi General Manager PT Indofood Ethiopia; Taryat Suratman, General Manager Peace Success Industry Plc sister company PT Sinar Antjol; Edo Mahendra dari UNECA; dan Indriyati Rodjan dari UNESCO.
 
Acara tanam pohon di KBRI Addis Abba diselenggaraan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Duta Besar Al Busyra Basnur. Acara dimeriahkan pertunjukan grup band yang pemainnya adalah mantan anak jalanan Ethiopia yang kini telah sukses, termasuk Liyuneh Tamirat, CEO Inspired Ethiopia Youth Association.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif