24 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Nigeria
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Nigeria: Sebanyak 24 orang tewas dalam dua serangan bom bunuh diri di sebuah masjid dan pasar di Mubi wilayah Timur Laut Nigeria, Selasa, 1 Mei 2018. Sementara, 12 orang lainnya terluka.

Komisaris polisi negara Adamawa Abdullah Yerima mengatakan, pelaku meledakkan bom bunuh diri di masjid sekitar pukul 1 siang waktu setempat. Sedangkan pelaku kedua meledakkan satu perangkat dari jarak 200 meter saat para jemaah melarikan diri. 

“Sebanyak 24 orang dipastikan tewas,” kata juru bicara polisi negara bagian Othman Abubakar seperti dikutip dari Associated Press, Rabu, 2 Mei 2018.


Serangan bom bunuh diri ini serangan kedua dalam enam bulan terakhir di Mubi. November lalu, seorang remaja pelaku bom bunuh diri  menyerang jemaah saat hendak menunaikan salat Subuh. Insiden ini menewaskan sedikitnya 50 orang. 

Haruna Hamdan Furo, Kepala badan manajemen darurat negara bagian Adamawa, menggambarkan serangan kali ini sangat menghancurkan. 

Salah seorang penduduk setempat Danladi mengatakan melihat seorang pria muda mengenakan rompi bunuh diri memasuki masjid dengan para jemaah lainnya. 

"Atap masjid diledakkan dan jemaah itu di tengah jalan ketika pengebom meledakkan bomnya," kata Danladi. "Ini jelas pekerjaan Boko Haram."

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas insiden ini. Melihat dari pola serangan, aksi ini diduga dilakukan kelompok Boko Haram. 

Kelompok Boko Haram telah melancarkan kampanye kekerasan mematikan di Nigeria sejak 2009. Lebih dari 20.000 orang tewas dalam pemberontakan, yang juga memaksa sekitar dua juta orang melarikan diri dari rumah mereka.



(DRI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360