Menlu Arab Saudi ke Indonesia Bahas Perlindungan WNI

Sonya Michaella 18 Oktober 2018 16:09 WIB
indonesia-arab saudi
Menlu Arab Saudi ke Indonesia Bahas Perlindungan WNI
Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir akan kunjungi Indonesia pada 23 Oktober 2018. (Foto: AFP).
Jakarta: Isu perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) akan menjadi fokus Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir, 23 Oktober 2018 mendatang. Saat ini tercatat ada 608 ribu WNI yang tinggal di Arab Saudi.
 
"Isu perlindungan WNI dan TKI akan menjadi fokus pembahasan Indonesia dengan Arab Saudi. Soal hukuman mati yang mengancam WNI kita di sana, bisa jadi dibahas kedua menlu," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.
 
Selain itu, Menlu Retno dan Menlu Al-Jubeir akan melakukan Sidang Komisi Bersama (SKB), yang merupakan hasil kesepakatan dari Raja Salman bin Abdulaziz dan Presiden Joko Widodo yang bertemu di Jakarta, tahun lalu. Sebelumnya, SKB hanya dilakukan ditingkat direktur jenderal.
 
"SKB tingkat menlu ini perdana dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengkaji apa yang sudah disepakati dan juga dilakukan kedua negara selama ini," ucap dia.
 
Menlu Retno dan Menlu Al-Jubeir juga akan membahas sejumlah kerja sama yang akan ditingkatkan kedua negara, antara lain perdagangan dan investasi, keagamaan, politik dan keamanan, penanggulangan terorisme, perikanan, energi, dan pariwisata.
 
Indonesia juga akan mendorong sejumlah ekspor ke Arab Saudi yaitu buah manggis, salak dan mangga. Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar Indonesia di kawasan Timur Tengah.
 
Lawatan Menlu Jubeir ini adalah lawatan kedua ke Indonesia, setelah 2015 lalu yang merupakan lawatan perdana Menlu Arab Saudi setelah 45 tahun.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id