Foto dari potongan video memperlihatkan sekelompok prajurit yang menguasai stasiun radio RFI di Libreville, Gabon, 7 Januari 2019. (Foto: AFP/Youtube)
Foto dari potongan video memperlihatkan sekelompok prajurit yang menguasai stasiun radio RFI di Libreville, Gabon, 7 Januari 2019. (Foto: AFP/Youtube)

Militer Gabon Rebut Stasiun Radio dalam Upaya Kudeta

Internasional Gabon
Arpan Rahman • 07 Januari 2019 17:06
Libreville: Sekelompok prajurit Gabon merebut sebuah stasiun radio milik pemerintah di Libreville pada Senin 7 Januari 2019 pagi waktu setempat. Ini merupakan upaya kudeta terhadap Presiden Ali Bongo.
 
Sesaat usai merebut radio RFI, seorang tentara bernama Kelly Obiang mengumumkan pembentukan "Dewan Restorasi Nasional." Dalam kesempatan itu, ia juga mengecam pidato Tahun Baru Presiden Bongo.
 
Obiang mengatakan pengumuman yang dibacakannya merupakan sebuah komunike yang mewakili militer Gabon. RFI menyebut sekelompok tentara itu datang ke stasiun radio sekitar pukul 04.00 pagi waktu setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam komunike itu, pidato tahun baru Presiden Bongo dinilai telah "meningkatkan keraguan mengenai kemampuan kepala negara dalam melanjutkan tugas kenegaraan."
 
Saat percobaan kudeta terjadi, Presiden Bongo sedang tidak berada di Gabon. Ia dilaporkan sedang berada di Maroko.
 
Sementara itu dalam laporan media Sputnik, Senin 7 Januari 2019, disebutkan bahwa utusan Gabon untuk Paris telah menyatakan bahwa sekelompok tentara yang sempat menguasai RFI telah ditangkap. Empat tentara ditangkap, sementara satu lainnya berhasil melarikan diri.
 
Menurut RFI, Presiden Bongo dirawat di rumah sakit di Riyadh atas keluhan stroke pada 24 Oktober tahun lalu. Saat ini, pria 59 tahun itu dilaporkan sedang menjalani pemulihan di Maroko.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif