Robert Mugabe lengser dari jabatan Presiden Zimbabwe pada 21 November lalu (Foto: AFP).
Robert Mugabe lengser dari jabatan Presiden Zimbabwe pada 21 November lalu (Foto: AFP).

Robert Mugabe Kunjungi Rumah Sakit di Singapura Sejak Dilengserkan

Internasional zimbabwe
Fajar Nugraha • 15 Desember 2017 15:33
Singapura: Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe yang dilengserkan dari kekuasaannya November lalu, melakukan kunjungan luar negeri pertama.
Mugabe mengunjungi Singapura untuk melakukan pemeriksaan medis di Rumah Sakit Gleneagles. Politikus berusia 93 tahun ini, tampak keluar dari lift rumah sakit elite tersebut.
"Menggunakan kemeja putih dan celana panjang hitam, Mugabe tampak ditemani oleh delapan orang," sebut jurnalis AFP, Jumat 15 Desember 2017.
"Dia berjalan keluar gedung dengan cepat, dan rombongannya meninggalkan rumah sakit melalui dua mobil," imbuh jurnalis itu.
Dua karyawan rumah sakit yang menolak disebut namanya, memberikan konfirmasi bahwa Mugabe datang. Namun Juru Bicara Rumah Sakit Gleneagles menolak berkomentar atas dasar menjaga kerahasiaan pasien.
Sementara mantan Juru Bicara penguasa Zimbabwe selama tiga dekade itu, George Charamba mengakui bahwa Mugabe mengunjungi Singapura untuk urusan pemeriksaan kesehatan. "Hal ini merupakan bagian perjalanannya ke luar negeri setelah lengser," tutur Charamba.
Militer mendorong perubahan kekuasaan di Zimbabwe pada 14 November lalu dan mendesak Presiden Emmerson Mnangagwa,-yang saat itu dipecat dari jabatan Wapres Zimbabwe oleh Mugabe,- untuk menggantikan kekuasaan Mugabe. Mnangagwa sebelumnya berebut kekuasaan dengan istri dari Mugabe, Grace, yang muncul sebagai sukses pilihan.
Mugabe yang berkuasa di Zimbabwe sejak 1980, dituduh melakukan represi dan membawa negaranya mengalami keruntuhan ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, kesehatannya terus menurun dan diketahui berjuang melawan kanker prostat.
Beberapa kali Mugabe melakukan perjalanan ke Singapura untuk kepentingan medis yang tidak diumumkan.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi