Menlu Retno Marsudi sampaikan pesan persahabatan kepada Iran dan Amerika Selatan. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Menlu Retno Marsudi sampaikan pesan persahabatan kepada Iran dan Amerika Selatan. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta

Panggil Dubes AS dan Iran, Menlu Retno Tekankan Persahabatan

Internasional as-iran menlu retno lp marsudi Qassem Soleimani
Marcheilla Ariesta • 06 Januari 2020 20:52
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memanggil Duta Besar Iran dan Amerika Serikat (AS) di Jakarta. Pemanggilan kedua dubes ini terkait dengan meningkatnya ketegangan Iran dan AS usai kematian Jenderal Iran Qassem Soleimani.
 
"Tadi saya memanggil Duta Besar Iran (Mohammad Azad) dan Amerika Serikat (Joseph R Donovan Jr). Saya menyampaikan pesan persahabatan," kata Retno dalam perayaan Natal Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Senin 6 Januari 2020.
 
Retno menegaskan menyelesaikan masalah dengan cara kekerasan tidak akan menguntungkan siapapun. Menurutnya, ini pesan yang disampaikan Indonesia dalam politik luar negeri Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bersahabat kita harus menghormati," imbuh Retno.
 
Ketegangan Iran dan Amerika Serikat (AS) meningkat setelah Washington membunuh Jenderal Qassem Soleimani, orang berkuasa kedua di Iran. Soleimani dianggap sangat berbahaya oleh AS dan melakukan aksi terorisme.
 
Kematian Soleimani mendapat banyak kecaman, terlebih dari dalam negeri Iran. Para pemimpin Iran bersumpah akan membalas dendam atas kematian Soleimani.
 
Komandan Garda Revolusi Iran Quds ini tewas dalam serangan pesawat tanpa awak AS di Bandara Internasional Baghdad di Irak.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif