Penciuman anjing mampu mendeteksi virus Covid-19. (voa)
Penciuman anjing mampu mendeteksi virus Covid-19. (voa)

Penciuman Anjing Ternyata Akurat Mendeteksi Covid-19, Begini Metodenya

Adri Prima • 21 Mei 2021 15:16
Jakarta: Metode untuk mendeteksi covid-19 terus dikembangkan. Salah satunya melalui penciuman anjing. Anjing yang sudah dilatih akan mencium bau badan manusia dan akan memberikan tanda jika seseorang tersebut positif covid-19. 
 
Identifikasi covid-19 dengan penciuman anjing sudah dilakukan di bandara Johannesburg, Afrika Selatan. Kepala Pelatih K9 Law Enforcement Gideon Treurnich mengatakan ada beberapa metode agar anjing-anjing tersebut bisa mengidentifikasi penumpang yang positif covid-19. 
 
"Salah satu caranya adalah cara mengendus. Anjing bisa mengidentifikasi orang tersebut secara spesifik. Metode lainnya adalah dengan meminta sampel keringat dari penumpang," kata Treurnich dikutip dari VOA yang disiarkan Metro TV, Jumat, 21 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, riset di Jerman dan Kolombia juga membuktikan penciuman anjing mampu mengidentifikasi covid-19 sebesar 90 persen. Saat ini, sebanyak lima anjing sudah siap bertugas di bandara Johannesburg Afrika Selatan.
 
Jika pandemi terus berlangsung, brigade K9 Law Enforcement akan membentuk unit covid-19 secara permanen. Tak hanya di Afrika Selatan, metode deteksi covid-19 lewat penciuman anjing juga dilakukan di bandara Dubai, UEA, dan bandara Helsinski, Finlandia.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif