Kehancuran di Yaman akibat tembakan rudal. (Foto: AFP)
Kehancuran di Yaman akibat tembakan rudal. (Foto: AFP)

Arab Saudi dan UEA Bentuk Komite untuk Yaman

Internasional konflik yaman arab saudi
Sonya Michaella • 26 Agustus 2019 17:30
Kairo: Koalisi pimpinan Arab Saudi menyatakan telah membentuk komite dengan Uni Emirat Arab untuk menstabilkan gencatan senjata di Yaman. Gencatan senjata saat ini berlaku di Provinsi Shabwah dan Abyan.
 
"Komite akan bekerja mulai hari ini. Kami mendesak semua pihak agar bekerja sama dengan komite gabungan itu untuk mewujudkan penarikan pasukan serta penempatan kembali pasukan sebagai bagian upaya militer koalisi," kata Juru Bicara Koalisi Turki Al-Maliki, dikutip dari AFP, Senin 26 Agustus 2019.
 
Kedua negara menyerukan pihak-pihak terkait untuk segera berdialog. Arab Saudi mengatakan dialog itu ditujukan untuk menangani penyebab dan kemunculan kembali bentrokan di sebagian provinsi Yaman Selatan.      

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua negara juga bakal melanjutkan kegiatan politik, militer, kemanusiaan dan pembangunan sebagai bagian dari upaya koalisi memelihara kepentingan rakyat
Yaman, serta menghentikan pergerakan milisi Houthi, yang bersekutu dengan Iran. 
 
"Saudi dan UEA kembali menegaskan keinginanmereka untuk memelihara negara Yaman dan kepentingan, keamanan, kestabilan, kemerdekaan dan keutuhan wilayah rakyat Yaman di bawah kepemimpinan presiden Yaman," lanjut Al-Maliki.
 
Pertempuran antara Arab Saudi dengan pemberontak Houthi terjadi kala koalisi Liga Arab melakukan intervensi di Yaman pada 2015. Mereka mencoba mengembalikan pemerintah yang diakui internasional, yang dihancurkan oleh Houthi pada akhir 2014.
 
Houthi telah meningkatkan serangan rudal dan pesawat tak berawak ke kota-kota Arab Saudi dalam sebulan terakhir. Peningkatan serangan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan negara-negara Teluk Arab yang bersekutu dengan Amerika Serikat.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif