5 Juta Orang Afrika Terancam Kelaparan Akibat Kemarau Panjang

Marcheilla Ariesta 04 Mei 2018 08:32 WIB
kelaparan
5 Juta Orang Afrika Terancam Kelaparan Akibat Kemarau Panjang
Kekeringan di Afrika Barat. (Foto: AFP).
Sahel: Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan lebih dari lima juta orang di wilayah Sahel, Afrika Barat terancam kelaparan. Kemarau panjang membuat tanah di wilayah tersebut tidak subur dan menyebabkan bahan makanan berkurang.

Dari laporan PBB, enam wilayah di Sahel, daerah di bawah Gurun Sahara mengalami kekeringan panjang. Puncak krisis belum terjadi, namun pasukan makanan harus disiapkan mulai sekarang.

PBB mengatakan pemasokan dilakukan untuk menghindari kematian akibat malnutrisi. Badan anak-anak PBB (UNICEF) memperkirakan puncak krisis akan terjadi Juni dan Juli mendatang.


"Menghindari krisis terjadi, lembaga dan mitra kita menyerukan aksi bantuan makanan. Kita harus bertindak sekarang dan segera," ucap Direktur Regional UNICEF Marie-Pierre Poirier di Dakar, Senegal, dilansir dari AFP, Jumat 4 Mei 2018.

Sebanyak lebih dari 1,6 juta anak-anak ada di kawasan tersebut. Jumlah ini 50 persen lebih banyak dari total anak-anak yang ada saat krisis pangan melanda wilayah tersebut pada 2012.

Selain Sahel, wilayah lainnya yang paling berisiko kelaparan adalah Mali, Niger, Burkina Faso, Chad, Mauritania Selatan dan Senegal Utara.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id