149 Orang Tewas dalam Baku Tembak di Yaman
Pasukan pro-Pemerintah Yaman saat bersiap melakukan serangan ke Hoedida. (Foto: AFP).
Hodeida: Setidaknya sekitar 149 orang dilaporkan tewas dalam pertempuran antara loyalis pemerintah dengan kelompok pemberontak di Yaman. Warga sipil termasuk jadi korban dalam kejadian sejak Minggu 11 November itu.
 
Serangan selama 24 jam itu terjadi di Hodeida menambah parah krisis yang sudah berlangsung di Yaman. Krisis antara pemberontak Houthi dan pasukan pemerintah itu sudah berlangsung sejak 2014.
 
"Seorang pejabat militer di Hodeida memberikan konfirmasi bahwa tujuh warga sipil tewas," laporan AFP, Senin 12 November 2018.
 
Seorang sumber dari militer pro-pemerintah mengatakan, kelompok Houthi saat ini berhasil terdesak oleh serangan tersebut. Pertempuran pun menyasar hingga wilayah Pelabuhan Hodeida.
 
Petugas medis menyebutkan 110 anggota pemberontak Houthi dan 32 pasukan pemerintah tewas dalam serangan ini. Sementara pihak Rumah Sakit Militer Al-Alfi mengatakan jasad dari korban terus datang sejak semalam.
 
Pihak militer memberikan konfirmasi bahwa pasukan koalisi Teluk yang dipimpin oleh Arab Saudi menargetkan basis pertahanan Houthi dengan beberapa serangan udara. Dikhawatirkan, kehidupan warga makin terdesak usai serangan ini.
 
Hampir 600 jiwa orang tewas sejak pertempuran pecah di Hodieda pada 1 November. Wilayah ini merupakan salah satu kota dengan populasi amat padat di Yaman.
 
Arab Saudi dan sekutu melakukan intervensi atas konflik yang terjadi di Yaman pada 2015. Serangan demi serangan yang dilakukan koalisi dikhawatirkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memicu terjadi krisis kemanusiaan.
 
Pelabuhan Hodeida sangat vital untuk pengiriman bantuan kemanusiaan ke seluruh Yaman. Hingga saat ini diperkirakan 14 juta Yaman dihadapkan pada kelaparan.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id