PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Benny Gantz. (Foto: MENAHEM KAHANA/AFP)
PM Israel Benjamin Netanyahu (kiri) dan Benny Gantz. (Foto: MENAHEM KAHANA/AFP)

Gantz Unggul Dua Kursi dari PM Israel

Internasional israel pemilu israel
Willy Haryono • 21 September 2019 15:00
Tel Aviv: Benny Gantz unggul dua kursi dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam hasil terbaru pemilihan umum Israel yang disebut-sebut sudah "hampir final" pada Jumat 20 September.
 
Dilansir dari CNN, Sabtu 21 September 2019, partai Blue and White Party milik Gantz meraih 33 kursi, sementara Likud kalah tipis di angka 31. Ini merupakan hasil resmi terbaru Komite Pemilu Sentral Israel sejak berlangsungnya pemungutan suara pada Selasa kemarin.
 
Komite mengatakan hasil akhir belum akan diumumkan hingga investigasi di 15 tempat pemungutan suara bermasalah selesai dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gantz telah mendeklarasikan kemenangan dalam pemilu. Kamis kemarin, ia telah menyerukan pembentukan sebuah pemerintahan bersatu di bawah kepemimpinannya.
 
Fase krusial dalam pemilu Israel akan berlangsung Minggu besok, saat Presiden Reuven Rivlin memulai konsultasi dengan pemimpin semua partai. Konsultasi akan berujung pada keputusan mengenai siapa yang berhak mendapat kesempatan pertama untuk membentuk pemerintahan.
 
Dengan 120 kursi di parlemen, Gantz dan Netanyahu membutuhkan koalisi untuk bisa membentuk pemerintahan. Ini artinya, sejumlah partai kecil pun dapat berperan penting untuk pemerintahan selanjutnya di Israel.
 
Berbicara di radio Israel pada Jumat pagi, Direktur Jenderal dari kantor Kepresidenan Israel Harel Tubi mengatakan, Rivlin tidak serta merta akan memberikan mandat kepada tokoh peraih suara terbanyak.
 
Tubi mengatakan presiden akan memberikan mandat kepada kandidat yang "memiliki peluang terbesar untuk membentuk pemerintahan." Pernyataan ini membuka peluang bahwa Rivlin dapat saja menyerahkan mandat kepada Gantz atau Netanyahu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif