Presiden Joko Widodo (dua kanan) menerima Jersey Argentina bernomor 10 dengan nama Jokowi dari Presiden Republik Argentina Mauricio Macri (dua kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Ramdani/MI
Presiden Joko Widodo (dua kanan) menerima Jersey Argentina bernomor 10 dengan nama Jokowi dari Presiden Republik Argentina Mauricio Macri (dua kanan) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Ramdani/MI

Argentina akan Memperbaiki Sistem Pengajuan Visa

Internasional visa exemption Indonesia-Argentina
Dheri Agriesta • 26 Juni 2019 18:30
Bogor: Presiden Argentina Mauricio Macri berjanji memperbaiki sistem pengajuan visa bagi masyarakat Indonesia. Proses pengajuan visa Argentina bagi masyarakat Indonesia cukup rumit.
 
"Demi persahabatan ini kami juga ingin memperbaiki sistem visa untuk arus orang Indonesia dan Argentina yang saling mengunjungi," kata Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Macri ingin semakin banyak masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Argentina. Ia juga ingin masyarakat Argentina mengunjungi Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ini adalah dua negara yang sangat indah dan penuh dengan budaya," kata Macri.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pengajuan visa Argentina memang sedikit lebih lama dari biasanya. Masa tunggu permohonan visa masyarakat Indonesia mencapai 45 hari.
 
Indonesia, kata Retno, telah masuk dalam sistem elektronik Pemerintah Argentina. Tapi, masa tunggu permohonan masih panjang.
 
"Jadi gini, kita bisa masuk sistem elektroniknya mereka selama kita punya visa EU dan U, nah itu sistemnya bisa diperpendek menjadi 20 hari," jelas Retno.
 
Tapi, masa tunggu permohonan visa masyarakat Indonesia tetap 45 hari. Presiden Macri berjanji memperbaiki itu.
 
"Presiden-nya langsung menyahut dan bilang sistem visa akan diperbaiki, tinggal implementasinya, berarti dari Kementerian Luar Negeri dan Home Affairs mereka akan menindaklanjuti pertemuan ini," kata Retno.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif